Jawa Pos

Habis-habisan Rally di Florida

Miniatur Kekuatan Pemilih Baru AS

-

SANFORD – Lydia, 34, tidak akan pernah lupa peristiwa politik yang disaksikan­nya ketika remaja. Kala itu kandidat presiden dari Partai Republik George W. Bush dan nomine Partai Demokrat Al Gore bersaing ketat meraih dukungan dari Negara Bagian Florida. Saking ketatnya, balot suara pun harus dihitung ulang sebelum akhirnya dihentikan oleh Mahkamah Agung. Bush menjadi pemenang dengan hanya selisih 1.784 suara dan akhirnya terpilih sebagai presiden.

Pada 2012, Barack Obama juga harus menunggu empat hari untuk memastikan diri merengkuh suara Florida. Negara bagian di ujung tenggara AS itu memang selalu toss-up atau terlalu ketat. ”Semoga tahun ini Florida tak begitu lagi,” kata Lydia.

Dia kemarin mengenakan kaus bertulisan ”Madame President if You’re Nasty” dalam kampanye Hillary Clinton di Sanford, kota di pinggiran Orlando, Florida. Lidya berharap Florida memberikan kemenangan telak bagi Clinton.

Kedua kandidat habis-habisan memanfaatk­an sisa waktu satu pekan sebelum pemilihan dengan

rally kampanye maraton di negara bagian dengan etnis paling beragam itu. Dengan kekuatan yang amat ketat dan electoral vote yang besar, yakni 29, Florida menjadi battle

ground paling panas. Sejumlah jajak pendapat di negara bagian berpendudu­k lebih dari 19 juta itu menunjukka­n betapa sengitnya persaingan kedua nomine.

RCP Average memperkira­kan Trump unggul 0,8 poin. Remington Research menyebut Trump unggul 4 poin. NY Times/Siena melaporkan Trump unggul 4 poin. Emerson memproyeks­i Clinton unggul 1 poin. Gravis menyebut Clinton unggul 1 poin. Florida sendiri sudah memulai early voting 24 Oktober lalu hingga 6 November.

Clinton kemarin berkampany­e di tiga tempat di Florida. Selain di Sanford Civic Center, dia menyapa suporterny­a di Fort Lauderdale dan Dade City. Hari ini giliran Trump berkampany­e di Miami dan Orlando. Sedangkan esoknya (3 November waktu setempat), masih di Florida, Trump berkampany­e di Jacksonvil­le. Presiden Obama juga berkampany­e untuk Hillary Clinton di Miami dan Jacksonvil­le pada hari itu.

”Sebanyak 26 juta rakyat Amerika sudah melakukan voting. Lebih dari empat juta di Florida,” kata Clinton.

 ??  ?? BATTLEGROU­ND TERPANAS: Hillary Clinton berpidato di Sanford Civic Center, Sanford, Florida, Selasa (1/11) atau kemarin WIB. Foto kanan, sejumlah remaja menyiapkan poster untuk kampanye di Sanford Civic Center.
BATTLEGROU­ND TERPANAS: Hillary Clinton berpidato di Sanford Civic Center, Sanford, Florida, Selasa (1/11) atau kemarin WIB. Foto kanan, sejumlah remaja menyiapkan poster untuk kampanye di Sanford Civic Center.
 ?? SOFYAN HENDRA/JAWA POS ??
SOFYAN HENDRA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia