Jawa Pos

Bikin Grup WA Dapur Umum

-

IBUIBU ini bekerja di balik layar. Mereka mengurusi bagian logistik dapur umum dadakan yang didirikan di sejumlah titik di Jakarta. ”Kami tidak mengoo- rdinasi. Mereka datang sendiri,” ujar Umiyani, koordinato­r logistik dapur umum Bunda Zakiyah di Condet, Jakarta Timur, kemarin (3/11)

Di dapur umum tersebut ada lebih dari seratus ibu dan remaja putri yang menyumbang­kan tenaga. Logistik yang disiapkan adalah makanan dan minuman. Jumlahnya 30 ribu bungkus. Isinya antara lain susu kotak kemasan, telur rebus, kurma, dan biskuit.

Logistik itu merupakan sumbangan berbagai pihak. Mulai tukang ojek sampai pengusaha. Mayoritas sumbangan yang diberikan berupa uang. Ada yang Rp 20 ribu. Ada juga yang menyumbang Rp 20 juta. Panitia dapur umum menyediaka­n rekening khusus untuk para donatur.

Umiyani mengatakan, para relawan itu merupakan anggota majelis taklim dari segenap penjuru Jakarta dan sekitarnya. ”Karena tidak semuanya ikut demo, jadi ya bantu-bantu di dapur umum. Ibu-ibu itu datang bergantian,” jelas pimpinan majelis taklim Tadabur Quran Depok tersebut. Humas dapur umum Bunda Zakiyah Condet M. Harry Naldi menambahka­n, logistik itu akan didistribu­sikan ke Masjid Istiqlal pagi ini. Urusan distribusi ditangani para lelaki. Rencananya, makanan dan minuman didrop sampai para pendemo pulang ke rumah masing-masing. ”Kalau mereka nginap, logistik akan kami distribusi­kan lagi,” ucapnya.

Pendirian dapur umum tersebut, terang Naldi, merupakan inisiatif pribadi. Pihaknya menyebarka­n informasi dapur umum itu melalui grup WhatsApp (WA) dan internet. Tujuannya mengumpulk­an para pihak yang mendukung aksi hari ini. ”Kami sempat dikira bohong dan diintimida­si juga,” ungkapnya.

Selain di Condet, dapur umum didirikan di sejumlah titik di ibu kota. Di antaranya di kawasan Menteng, Petamburan, Tanah Abang, Kampung Bali, dan Otista. Mereka menyediaka­n makanan ringan sampai nasi bungkus. Seluruh masjid di Jakarta juga menyediaka­n tempat menginap untuk peserta unjuk rasa dari luar daerah. (tyo/c9/ca)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? SUKARELA: Ibu-ibu menyiapkan logistik di Condet, Jakarta, kemarin.
MUHAMAD ALI/JAWA POS SUKARELA: Ibu-ibu menyiapkan logistik di Condet, Jakarta, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia