Jawa Pos

Teatrikal, Puisi, dan Doa untuk Dahlan

-

AKSI simpatik sebagai bentuk dukungan moral kepada Dahlan Iskan terus dilakukan masyarakat di berbagai daerah. Kemarin (3/11), misalnya, siswa-siswi SMP Muhammadiy­ah 9 Surabaya menggelar aksi teatrikal, pembacaan puisi, serta penggalang­an tanda tangan untuk gerakan #SaveDahlan­Iskan.

Aksi teatrikal itu ditujukan untuk menyindir aparat penegak hukum yang asal tangkap. Seorang siswa yang memerankan sosok Dahlan tiba- tiba ditangkap dan dijebloska­n ke penjara. Di selasela teatrikal tersebut, para siswa menyanyika­n lagu berjudul Tanah Airku, dilanjutka­n dengan pembacaan puisi berjudul Untuk Pak Dahlan Iskan.

Teatrikal diakhiri dengan kemunculan seseorang berpeci hitam yang menghampir­i Dahlan seraya mengulurka­n tangannya. Pemeran Dahlan pun bangkit, disambut teriakan ratusan siswa yang menonton aksi. ”Save Dahlan, Save Dahlan,” teriak mereka.

Aksi menggalang dukungan moral untuk mantan menteri BUMN itu juga dilakukan mahasiswa IAIN Ternate kemarin. Mereka membentang­kan spanduk bertulisan #SaveDahlan­Iskan, kemudian mengajak mahasiswa di kampus itu untuk membubuhka­n tanda tangan.

Di Kota Malang, sejumlah kalangan menyatakan siap hadir pada acara Doa untuk Dahlan Iskan, Doa untuk Bangsa yang dilaksanak­an malam ini di kantor Jawa Pos Radar

Mereka, antara lain, pengurus Forum Komunikasi Antar Umat Beragama (FKAUB), Yayasan Kelenteng, para rektor, komunitas Gusdurian, Dahlanis, maupun aktivis mahasiswa.

Doa bersama untuk Dahlan itu diadakan sebagai upaya mendorong penegakan hukum yang profesiona­l. Sebab, sejumlah pihak meyakini bahwa penahanan terhadap Dahlan tidak murni kasus hukum, tapi ada kepentinga­n lain. (elo/c7/fat)

 ??  ??
 ?? HARIYANTO/MALUT POS ?? Malang. DARI TIMUR: Mahasiswa dan mahasiswi IAIN Ternate membuat spanduk bertulisan #SaveDahlan­Iskan dan bersamasam­a menandatan­ganinya kemarin.
HARIYANTO/MALUT POS Malang. DARI TIMUR: Mahasiswa dan mahasiswi IAIN Ternate membuat spanduk bertulisan #SaveDahlan­Iskan dan bersamasam­a menandatan­ganinya kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia