Jawa Pos

Putin Beri Steven Seagal Paspor Rusia

-

MOSKOW – Kedekatan Presiden Rusia Vladimir Putin dan aktor laga Amerika Serikat (AS) Steven Seagal berbuah sikap diplomatik. Kemarin (3/11) Negeri Beruang Merah resmi menganuger­ahkan kewarganeg­araan kepada bintang film 64 tahun tersebut. Kini Seagal pun mengantong­i paspor Rusia.

”Dia sudah cukup lama memohon kepada kami dengan serius untuk diberi kewarganeg­araan Rusia,” kata Dmitry Peskov, jubir Kremlin, dalam jumpa pers. Selama beberapa tahun terakhir, hubungan Putin dan Seagal juga makin erat. Bahkan, media menyebut kedekatan dua pria tegap yang sama-sama mencintai bela diri itu dengan istilah bromance. Tidak hanya intensif berkomunik­asi, mereka berdua juga saling berkunjung.

Peskov mengatakan bahwa Seagal adalah salah seorang selebriti yang tidak segan-segan menyatakan kecintaann­ya pada Rusia. Dia juga terang-terangan membela kebijakan Rusia terkait dengan Crimea pada 2014. Padahal, saat itu masyarakat internasio­nal mengecam langkah Kremlin yang menuai protes keras Ukraina tersebut. Sebagai negara yang semula menaungi Crimea, Ukraina menganggap Rusia terlalu lancang.

”Dia adalah aktor yang tenar dan tidak ada alasan bagi kami untuk tidak mengabulka­n per- mohonannya,” terang Peskov. Di Rusia dan kawasan Eropa Timur, Seagal memang masih sangat terkenal. Bintang Siege itu masih dikagumi dan digandrung­i seperti saat masih jaya pada 1980-an akhir dan 1990-an awal tersebut. Sebelum Rusia, Serbia lebih dahulu menghadiah­i Seagal dengan kewarganeg­araan pada Januari lalu. (AFP/Reuters/hep/c7/any)

 ??  ?? Under
Under
 ?? BBC ?? SESAMA PENGGEMAR BELA DIRI: Vladimir Putin dan Steven Seagal.
BBC SESAMA PENGGEMAR BELA DIRI: Vladimir Putin dan Steven Seagal.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia