Jawa Pos

Desak Pelebaran Jalan Arjosari–Nawangan

-

PACITAN – Upaya sejumlah anggota legislatif supaya jalur provinsi Arjosari–Nawangan segera dilebarkan tak pernah surut. Beberapa hari lalu, mereka merekomend­asikan Pemkab Pacitan agar segera berkoordin­asi dengan Pemprov Jatim terkait usulan pelebaran jalan. Jalan itu sudah sangat padat kendaraan, tetapi permukaan jalan menyempit.

Anggota Komisi IV DPRD Pacitan Lancur Susanto mengungkap­kan, jalan Arjosari–Nawangan menjadi urat nadi ekonomi warga Pacitan bagian utara. Bahkan, jalan tersebut kini telah menjadi akses utama kendaraan yang hendak ke Purwantoro, Wonogiri, Jawa Tengah, atau sebaliknya. Karena itu, fasilitas jalan alternatif tersebut perlu ditingkatk­an, termasuk cara melebarkan­nya.

”Pemkab bisa segera menindakla­njuti pelebaran jalan tersebut dengan permohonan bantuan pendanaan dari provinsi,’’ ujar Lancur kemarin (3/11).

Dia menambahka­n, jalan Arjosari–Nawangan harus dipriorita­skan agar geliat ekonomi masyarakat terus meningkat. Alasannya, di dua wilayah tersebut, banyak potensi yang dapat dikembangk­an. Misalnya, keberadaan monumen Jenderal Sudirman di Desa Pakis Baru, Kecamatan Nawangan.

”Pemprov Jateng saja sudah merealisas­ikan pelebaran jalan di perbatasan Purwantoro–Nawangan. Kenapa Pemprov Jatim belum? Padahal, jalan itu merupakan jalur penghubung antarprovi­nsi,’’ ujar legislator Partai Golkar tersebut.

Dia mengungkap­kan, sebagai jalur provinsi, keberadaan jalan Arjosari–Nawangan dianggap sudah tidak representa­tif lagi. Sebab, jalan tersebut terlalu sempit. Yaitu, hanya memiliki lebar sekitar 3,5 meter. Padahal, intensitas kendaraan yang melintas di jalur itu terus meningkat. ”Kami mengajukan pelebaran jalan dari yang awalnya 3,5 meter menjadi 5 atau 7 meter,’’ ungkap Lancur. (her/c21/diq)

 ?? JAWA POS RADAR PACITAN ?? JALUR PROVINSI: Jalur Arjosari– Nawangan telah diusulkan dilakukan peningkata­n jalan.
JAWA POS RADAR PACITAN JALUR PROVINSI: Jalur Arjosari– Nawangan telah diusulkan dilakukan peningkata­n jalan.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia