Jawa Pos

Gubernur Dijadwalka­n Buka LKS

-

LOMBA Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur ( Jatim) siap dihelat. Pesertanya terdiri atas siswa SMK negeri dan swasta. Total ada 55 bidang yang dilombakan. Pembukaan dilaksanak­an besok (4/11) di Gedung Olahraga Bung Karno, Nganjuk.

Acara tersebut juga akan dihadiri Gubernur Jatim Soekarwo. Kompetisi itu dilangsung­kan hingga 8 November. ’’Persiapan panitia hampir 100 persen. Kami terus berusaha menyiapkan yang terbaik demi kesuksesan event akbar ini,” ujar Kustanto, ketua panitia LKS SMK Jatim 2016, kemarin.

Dalam pembukaan, ada 38 stan perwakilan dari SMK kabupaten/kota se-Jatim. ’’Kompetisi ini merupakan event bergengsi sekaligus parameter kompetensi siswa SMK di Jatim. Kami juga mengundang seratus perusahaan yang siap diajak bekerja sama,” tambah Kabid Pendidikan Menengah Kejuruan dan Perguruan Tinggi Dinas Pendidikan Provinsi Jatim Hudiyono.

Kasi SMK Dinas Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga (Disdikpora) Nganjuk Suyitno menambahka­n, jumlah stan pameran di GOR Bung Karno, Nganjuk, mencapai 80 unit. Setiap stan diisi perwakilan SMK dari Jatim dan UMKM dari Nganjuk. ’’Kami menyediaka­n 80 stan pameran,’’ jelasnya.

Dari jumlah itu, Suyitno mengungkap­kan, sebanyak 38 stan akan diisi anggota musyawarah kerja kepala sekolah (MKKS) SMK dari Jawa Timur. Ada pula 10 stan SMK mini. Kemudian, ada 13 stan dunia usaha dan industri serta 14 stan usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) dari Kabupaten Nganjuk.

Setiap stan, lanjut dia, akan menampilka­n keunggulan daerah masing-masing. Misalnya, stan MKKS SMK dari Kabupaten Nganjuk yang menonjolka­n pertanian. ’’Jadi, nanti kami pamerkan pertanian di Nganjuk,’’ katanya.

Daerah lain pun tidak ingin kalah. Selain pertanian, ada yang memamerkan perdaganga­n, hasil industri, dan perikanan. ’’Punya ciri masing-masing,’’ ungkap Suyitno.

Dengan kegiatan tersebut, setiap daerah dapat mengenalka­n keunggulan dan cirinya sehingga masyarakat mengetahui andalan masing-masing kabupaten/ kota di Jawa Timur. (far/baz/ut/c5/diq)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia