Jawa Pos

FIFA versus Ballon d’Or

-

ZURICH – Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi selalu menjadi sorotan utama saat perebutan FIFA Ballon d’Or. Mulai 2010 hingga 2015, dua pemain itu bergantian menyabet penghargaa­n tersebut. La Pulga –julukan Messi– lebih banyak meraih gelas itu dengan mendapat empat kali, sedangkan Ronaldo baru dua kali.

Lalu, bagaimana jadinya jika ajang tersebut dipisah lagi tahun ini? mulai tahun ini antara FIFA dan majalah sepak bola Prancis pecah kongsi sejak September lalu. Sebagai imbasnya, tidak ada lagi anugerah FIFA Ballon d’Or sebagaiman­a yang terjadi pada 2010 hingga 2015.

Yang ada Ballon d’Or sendiri dan FIFA Player of the Year sendiri. FIFA menyebut ajang FIFA Player of the Year dengan tajuk The Best. Tadi malam WIB, FIFA merilis 23 nama pemain yang berpeluang mendapat gelar tersebut. termasuk Messi dan Ronaldo.

Siapa yang menjadi pemenang? Tunggu saja saat pengumuman berlangsun­g 9 Januari mendatang. ’’ Sangat mungkin Cristiano Ronaldo yang menjadi pemenangny­a (FIFA Player of the Year),’’ sebut salah satu media terkemuka Catalan dalam laporannya.

Mengapa Ronaldo? Dari sisi pencapaian tahun ini, Ronaldo lebih bersinar. Dia bersama Real Madrid mengangkat trofi juara Liga Champions setelah mengalahka­n klub rival sekotanya, Atletico Madrid, 5-3 dalam adu tendangan penalti pada final di Milan, 28 Mei lalu.

Kurang dari dua bulan setelah itu Ronaldo kembali mengangkat trofi juara. Tidak lagi bersama Real. Meski tidak bermain full time di final, dia sukses mengantar Portugal menjuarai Euro kali pertama dalam sejarahnya. Ronaldo pun selangkah lagi bakal melengkapi perolehann­ya.

Pernah menyabet Ballon d’Or, lalu FIFA Ballon d’Or, FIFA Player, dan FIFA Player of the Year, lalu kini The Best FIFA Football Award di depan mata. Bila dibandingk­an dengan Ronaldo, Messi lebih bertaring di regional Spanyol. Bersama Barcelona, dia menjadi juara di La Liga, Copa del Rey, dan Supercoppa de Espana.

Sedangkan di level timnas, Messi gagal membawa Argentina menjadi juara Copa America. Diario Gol menyatakan, ada indikasi bagi-bagi penghargaa­n pribadi dengan kans besar Ronaldo menjadi pemilik gelar FIFA Player of the Year. ’’Sekelompok jurnalis di

memilih Messi ( jadi pemenang Ballon d’Or),’’ lanjut Diario Gol.

Situs Sportskeed­a menyebut, dengan dasar apa pun di balik pemilihan Ronaldo dan Messi sebagai calon pemilik penghargaa­n Ballon d’Or atau FIFA Player of the Year, fans bisa memilih siapa yang lebih kredibel menjadi pemain terbaik itu. Statistik tahun ini atau penilaian jurnalis.

Sebagai pemain yang pernah mendapat dua gelar tersebut pada tahun yang sama, Fabio Cannavaro kepada Marca menyebut Ronaldo bisa mendapat keduanya secara bersama-sama tahun ini. ’’Ronaldo juga layak mendapat Ballon d’Or. Tanpa sedikit pun ada keraguan,’’ klaim Canna –sapaan akrabnya.

’’Sekalipun dia pernah tidak mampu menciptaka­n gol dalam beberapa laga, jangan pernah melupakan prestasipr­estasinya tahun ini. Carlo Ancelotti sekali waktu pernah berkata kepada saya, dengan adanya Cristiano ( Ronaldo), itu seperti memulai laga dengan skor 1-0,’’ tambahnya. (ren/c4/ham)

 ?? EPA ?? TERBAIK: Cristiano Ronaldo ketika menerima trofi FIFA Ballon d’Or 2014 dan Lionel Messi pada 2015. Ya, France Football Diario Gol French Football
EPA TERBAIK: Cristiano Ronaldo ketika menerima trofi FIFA Ballon d’Or 2014 dan Lionel Messi pada 2015. Ya, France Football Diario Gol French Football

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia