Jawa Pos

Owner Tiongkok Makin Ramai

-

SOUTHAMPTO­N – Ekspansi Tiongkok ke Premier League bakal semakin merajalela musim ini. September lalu pengusaha Tiongkok Guochuan Lai sukses membeli mayoritas saham West Bromwich Albion dari tangan pengusaha Inggris Jeremy Peace.

Nah, setelah West Brom, kini Southampto­n yang menjadi sasaran pengusaha Tiongkok. ’’Untuk saat ini, Southampto­n sedang bernegosia­si untuk membahas kemungkina­n takeover pengusaha Tiongkok yang nilainya di atas GBP 200 juta (Rp 3,2 triliun),’’ sebut ESPN dalam laporannya.

Menurut laporan AFP, pengusaha yang bakal mengambil alih kepemilika­n klub itu dari Katharina Liebherr bernama Gao Jisheng. Siapakah dia? Jisheng merupakan pengusaha pemilik perusahaan bernama Lander Sports Developmen­t Co. Perusahaan tersebut bergerak di bidang properti.

Perusahaan itu merupakan salah satu perusahaan properti terbesar di Tiongkok. Di situs Bloomberg, perusahaan yang berbasis di Hangzhou tersebut masih bernegosia­si dengan Liebherr. Karena itu, hingga berita ini dimuat, belum ada komentar dari kedua pihak. Baik dari pihak Lander maupun Soton, se sebutan Southampto­n.

J Jika negosiasi nanti berjalan lancar, So Soton menjadi klub kelima dari tanah Ing Inggris yang dikuasai pengusaha Tiongkok. Se Selain West Brom, ada tiga klub dari Ch Championsh­ip yang sahamnya dimiliki pengusaha Tiongkok. Tiga klub itu Wolver hampton Wanderers, Birmingham City, dan Aston Villa.

Menurut Lander tertarik karena keberhasil­an akademi klub di Premier League tersebut d dalam melahirkan bintang top saat in ini. Misalnya, Gareth Bale, Adam Lallana, da dan Luke Shaw.

S Sebagaiman­a dilansir situs Express, Cl Claude Puel sebagai nakhoda Soton tid tidak mau terlalu berkomenta­r terkait de dengan siapa pemilik baru klubnya nanti. Te Termasuk peluang kepemilika­n pengusaha Tio Tiongkok di dalamnya.

B Bagi dia, yang penting, pemilik baru PEMILIK Guochuan Lai (87,8%) Dr. Tony Xia Liu Xingcheng (11,27%) Fosun Internatio­nal KLUB West Bromwich Albion Aston Villa Birmingham City Wolverhamp­ton Wanderers itu mampu menyuplai kebutuhan tim saat meramaikan persaingan di Premier League. ’’Saya percaya penuh dengan siapa pun yang memimpin klub ini. Sama seperti yang diinginkan semua orang LIGA Premier League Championsh­ip Championsh­ip Championsh­ip di dalam klub ini, kami ingin pemimpin kami nanti mampu membawa klub ini di jalan yang tepat,’’ tegasnya.

Bukan hanya Soton yang dibidik pengusaha Tiongkok tahun ini. Hull City menjadi klub lain Premier League yang tengah dibidik pengusaha dari Tiongkok. Perusahaan bernama Yutong Sports sudah mengingink­an The Tigers, julukan Hull. Keluarga Allam sebagai pemilik Hull mematok harga GBP 130 juta (Rp 2,1 triliun) jika Yutong berhasrat membeli klub yang bermarkas di KCOM Stadium tersebut.

Namun, sampai saat ini, belum ada kesepakata­n di balik negosiasi tersebut. Bahkan, dalam perkembang­annya, bukan hanya pengusaha dari Tiongkok yang berminat dengan Hull. Klub yang dibesut Mike Phelan itu, sebagaiman­a diberitaka­n The Sun, juga didekati pengusaha dari Hongkong. (ren/c19/ham)

 ??  ??
 ?? ANDREW MATTHEWS/PA VIA AP ?? INVESTOR: Para pemain Southampto­n merayakan gol ketika menang atas Sunderland di Piala Liga Inggris (26/10). Mereka segera diakuisisi oleh owner baru asal Tiongkok. Itu membuat mereka menjadi klub kelima Inggris yang dimiliki Tiongkok.
ANDREW MATTHEWS/PA VIA AP INVESTOR: Para pemain Southampto­n merayakan gol ketika menang atas Sunderland di Piala Liga Inggris (26/10). Mereka segera diakuisisi oleh owner baru asal Tiongkok. Itu membuat mereka menjadi klub kelima Inggris yang dimiliki Tiongkok.
 ?? DAILY MAIL ?? top ten Bloomberg,
DAILY MAIL top ten Bloomberg,
 ?? DAILY MAIL ??
DAILY MAIL

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia