Jawa Pos

Atlet Nasional Bidik Podium

-

JAKARTA – Ajang Jawa Pos Fit East Java Half-Marathon 2016 dimanfaatk­an para pelari nasional untuk persiapan sebelum program pelatnas SEA Games dimulai. Para atlet nasional itu, antara lain, Agus Prayogo, Asma Bara, Atjong Tio Purwanto, dan Rini Budiarti. Mereka membidik podium pada event yang digelar 6 November 2016 tersebut.

Agus Prayogo, misalnya. Pemegang empat rekornas di cabor atletik itu membidik juara di nomor half-marathon atau 21,0975 km. Agus yang juga prajurit TNI sudah memanaskan tubuhnya pada ajang Panglima Cup di Bandung. Total dua gelar nomor 5.000 dan 10.000 meter direngkuh pelari yang membela Jabar di PON XIX/2016 tersebut.

’’Karena latihan juga belum intens, niatnya memang meramaikan,’’ ujarnya kepada Jawa

kemarin (3/11). Berlari di rute Jembatan Suramadu akan menjadi pengalaman perdana bagi Agus. Dia melihat tantangan besar dengan adanya dua kali tanjakan di Jembatan Suramadu. Namun, seperti event-event yang sudah dijalaniny­a, rute tanjakan merupakan salah satu menu wajib yang harus dilewati. ’’ Tetapi, mungkin akan lebih menantang karena faktor angin di atas laut itu,’’ ungkapnya.

Pelari elite nasional lainnya, Atjong Tio Purwanto, juga dipastikan ambil bagian dalam ajang tersebut. Atjong yang juga baru saja mengikuti Panglima Cup 2016 merasa tertantang untuk memenuhi ambisinya menang di Jembatan Suramadu.

Pada 2009, dia sempat mengikuti lomba lari nomor 10k di rute tersebut, kategori yang sama yang akan diikutinya di Jawa Pos Fit East Java Half-Marathon 2016. ’’Saat itu overtraini­ng, tinggal 500 meter saja, tetapi saya pingsan,’’ kenangnya.

Sementara itu, Rini Budiarti, salah seorang pelari veteran yang masih dipercaya tampil bersama timnas Indonesia, juga akan turun di nomor 10k. Rini yang belum dipanggil ke pelatnas hanya berlatih ringan. ’’Kalau nggak ada lomba, paling ya joging di treadmill aja, Mas,’’ ungkapnya.

Seperti halnya Atjong, berlari di Jembatan Suramadu akan menjadi kesempatan kedua bagi Rini. ’’Yang paling saya waspadai itu panasnya. Semoga water station di sana juga diperhatik­an panitia,’’ kata ibu satu anak tersebut berharap. (nap/c5/tom)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? Pos TARGET JUARA: Agus Prayogo (kiri) dan Asma Bara saat mengikuti Jakarta Marathon Oktober lalu.
WAHYUDIN/JAWA POS Pos TARGET JUARA: Agus Prayogo (kiri) dan Asma Bara saat mengikuti Jakarta Marathon Oktober lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia