Jawa Pos

Remaja 18 Tahun Lengkapi Williams

-

GROVE – Silly season alias gosip perpindaha­n pembalap Formula 1 menjelang musim berakhir makin menarik disimak. Sebelum musim 2016 berakhir, ada enam tim yang memastikan line-up pembalapny­a. Paling anyar adalah WilliamsMe­rcedes.

Setelah sempat tertunda, Williams-Mercedes akhirnya mengumumka­n dua pembalapny­a secara bersamaan. Ditinggal pensiun Felipe Massa, pembalap muda asal Kanada Lance Stroll bakal menjadi pengganti. Dia bakal menjadi tandem untuk Valtteri Bottas yang dipertahan­kan manajemen.

Nama Stroll sebenarnya sudah lama digadang-gadang menjadi penerus Massa di Williams. Namun, pengumuman­nya sempat tertunda lantaran usianya yang belum memenuhi syarat minimal sebagai pembalap F1. Nah, Sabtu 29 Okto_ ber lalu, juara Formula 3 Eropa tersebut telah merayakan ulang tahunnya yang ke-18.

Stroll sudah menjajal FW36 mobil F1 Williams yang berusia dua tahun September lalu. Dengan pengumuman tersebut, Stroll akan menjadi pembalap Kanada pertama di Formula 1 sejak 2006. Saat itu, juara dunia F1 1997 Jacques Villeneuve menjalani tahun terakhir di F1.

Putra miliarder Kanada yang juga kolektor mobil klasik Ferrari Lawrence Stroll tersebut sudah memulai program uji coba selama tujuh bulan dengan FW36. Sejauh ini, dia sudah menghabisk­an enam hari di atas trek untuk lebih membiasaka­n diri berada di atas mobil Williams menjelang uji coba musim dingin 2017. FW36 dipilih karena mobil tersebut dianggap memiliki dasar sempurna sebelum dikembangk­an menjadi versi terbaru.

Juara dunia Formula 4 Italia 2014 tersebut telah menarik perhatian Williams dengan prestasiny­a pada sejumlah kejuaraan di seri bawah. Yang tak kalah penting; ikut memboyong sokongan dana jutaan euro dari kantong ayahnya sendiri.

’’Ini adalah hari yang telah kami rancang sekian lama untuk diwujudkan,’’ ujar Team Principal Claire Williams membuka pengumuman resmi line-up pem- balapnya musim depan. Claire memastikan bahwa keputusan itu sudah diambil jauh-jauh hari dan hanya menunggu waktu yang pas untuk mengumumka­nnya.

Sebagai tim F1, Williams punya ambisi membawa talenta muda untuk bertarung di level tertinggi balapan mobil dunia. ’’Lance layak mendapatka­n kursi di F1. Tahun ini saja dia melakoni musim hebat di F3 dan menjadi juara. Saya sudah tidak sabar melihat apa yang bisa dilaku- kannya musim depan,’’ terang Claire dikutip Autosport.

Fakta bahwa Stroll tidak pernah berkompeti­si di kelas feeder Formula 1 menjadi sorotan banyak pihak. Stroll juga belum sekali pun turun di sesi latihan bebas resmi F1 sebagaiman­a calon pembalap F1 lainnya. Sekali lagi, ini membuktika­n, untuk membalap di F1, skill saja tidak cukup. Dana juga menjadi bagian sangat penting.

Sampai saat ini, belum ada yang memprediks­i seperti apa performa Stroll di musim debut nanti. Hingga di Melbourne tahun depan, dia turun di latihan bebas perdananya di hari Jumat. ’’Saya rasa Williams memiliki banyak sejarah dan tepercaya membawa talenta muda ke ajang F1,’’ ucap Stroll.

Stroll mengungkap­kan, sebelum resmi menandatan­gani kontrak, Williams memintanya tidak banyak tampil di media. Tujuannya agar fokus memenangi gelar juara F3 Eropa. ’’Ini akan menjadi sangat luar biasa bagi perjalanan karirku. Berada di Melbourne (seri pertama 2017) dan di Montreal akan menjadi pengalaman luar biasa untukku,’’ jelasnya. (cak/c17/ady)

 ?? ADRIAN DENNIS/AFP PHOTO ?? SEGAR: Lance Stroll (kiri) dan Valtteri Bottas berpose setelah pengumuman skuad Williams-Mercedes untuk musim 2017 di Groves kemarin (3/11).
ADRIAN DENNIS/AFP PHOTO SEGAR: Lance Stroll (kiri) dan Valtteri Bottas berpose setelah pengumuman skuad Williams-Mercedes untuk musim 2017 di Groves kemarin (3/11).
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? SUMBANGAN BESAR: Dari kiri, President Director PT Istana Mobil Surabaya Indah (Honda Surabaya Center) Ang Hoey Tiong, Komisaris Utama Jawa Pos Group Azrul Ananda, dan Director Sales & After Sales PT Istana Mobil Surabaya Indah Wendy Miharja saat...
DITE SURENDRA/JAWA POS SUMBANGAN BESAR: Dari kiri, President Director PT Istana Mobil Surabaya Indah (Honda Surabaya Center) Ang Hoey Tiong, Komisaris Utama Jawa Pos Group Azrul Ananda, dan Director Sales & After Sales PT Istana Mobil Surabaya Indah Wendy Miharja saat...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia