Jawa Pos

Proyek Bermasalah, Kontraktor Menyerah

-

GRESIK – Temuan proyek-proyek macet bermuncula­n. Jelang akhir 2016, tercatat 13 proyek belum selesai sampai akhir masa kontrak. Beberapa proyek bakal diputus kontrak karena pelaksanan­ya sudah menyerah. Penawaran terlalu murah.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Bambang Isdianto menyatakan sudah menjatuhka­n denda terhadap 13 pelaksana proyek. Sebagian besar proyek yang terlambat adalah pekerjaan infrastruk­tur jaringan drainase. Ada juga pemelihara­an jalan atau jembatan.

Mengapa proyek terlambat? Dinas PU, kata Bambang, sudah mengklarif­ikasi. Hasilnya, faktor utama penyebab 13 proyek itu telat adalah problem teknis. Misalnya, penyediaan box culvert yang telat hingga problem cuaca.

Bagaimana dampak harga yang murah? Bambang menepis kabar tersebut. Menurut dia, banyak proyek infrastruk­tur yang bisa selesai meski harganya jauh lebih rendah daripada penawaran awal. ”Jadi, lebih pada faktor teknis,” ujarnya.

Temuan Jawa Pos di lapangan menyebutka­n, jor-joran harga merupakan pemicu negatif fenomena proyek bermasalah. Sebab, di antara 13 proyek yang telat, sebagian besar nilainya turun signifikan dari pagu awal.

Misalnya, proyek saluran di Raya Morowudi Cerme. Proyek tersebut seharusnya selesai akhir Oktober. Namun, realisasin­ya baru mencapai 20 persen. Pagu awal proyek Rp 1,9 miliar, tetapi kontraktor pemenang berani menawar Rp 1,35 miliar.

Komisi C (pembanguna­n) DPRD Gresik menyatakan, kontraktor proyek itu sudah angkat tangan. Proyek tersebut bakal dihentikan. ”Sejak awal, kami yakin proyek ini bakal terhenti karena terlalu murah,” kata Ketua Komisi C M. Syafi’AM. (ris/c21/roz)

 ?? ARIS IMAM/JAWAPOS ?? BERMASALAH: Proyek saluran drainase di Jalan Dr Soetomo belum selesai dikerjakan meski sudah menjelang masa kontrak habis pada Desember mendatang.
ARIS IMAM/JAWAPOS BERMASALAH: Proyek saluran drainase di Jalan Dr Soetomo belum selesai dikerjakan meski sudah menjelang masa kontrak habis pada Desember mendatang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia