Jawa Pos

Golkar Ingin Adopsi Sekolah Politik CPC

-

JAKARTA – Undangan Partai Komunis Tiongkok (CPC) kepada Partai Golongan Karya ke Negeri Tirai Bambu pada Oktober lalu membawa kesan tersendiri bagi partai berlambang beringin itu. Setelah melihat roda organisasi CPC, Partai Golkar ingin mengadopsi sekolah politik yang dikembangk­an partai terbesar di Tiongkok tersebut.

Keinginan itu diungkapka­n Wakil Sekretaris Jenderal DPP Partai Golkar Tubagus Ace Hasan Syadzili. Ace yang menjadi salah seorang delegasi ke Tiongkok menuturkan, kedatangan rombongan Angkatan Muda Partai Golkar (AMPG) adalah atas undangan resmi CPC. ’’Ada penafsiran macam-macam karena yang mengundang partai komunis. Namun, harus disampaika­n bahwa sekarang Tiongkok tidak seperti yang dibayangka­n tahun ’80-an,’’ kata Ace dalam diskusi pemaparan hasil kunjungan ke Tiongkok kemarin (4/11).

Salah satu kunjungan Partai Golkar ialah mendatangi Kota Nanjing di Provinsi Jiansu. Sebagai kota provinsi, Nanjing memiliki kemajuan yang pesat. Di kota tersebut Partai Golkar mendatangi kompleks atau fasilitas sekolah politik yang dibangun CPC. ’’Bangunanny­a ada beberapa gedung besar, luar biasa,’’ puji Ace.

Dari sekolah politik itulah, lanjut Ace, CPC menciptaka­n kader-kadernya. Setiap kader yang lulus dari sekolah politik diarahkan untuk menduduki jabatan-jabatan di CPC. Hal itulah yang membuat Partai Golkar tertarik mendirikan sekolah politik. ’’Kami bisa mengadopsi sekolahnya. Kalau ideologi, tentu kami tetap berdasar Pancasila,’’ kata Ace. (bay/c4/fat)

 ?? MUHAMAD ALI/JAWA POS ?? BAGI WAWASAN: Tubagus Ace Hasan Syadzili (kiri) memaparkan hasil kunjungan AMPG ke Tiongkok di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, kemarin.
MUHAMAD ALI/JAWA POS BAGI WAWASAN: Tubagus Ace Hasan Syadzili (kiri) memaparkan hasil kunjungan AMPG ke Tiongkok di DPP Partai Golkar, Jakarta Barat, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia