Jawa Pos

Tiang Baru Tak Jelas Siapa Pemiliknya

-

AKHIR September lalu tibatiba ada beberapa orang yang memasang tiang sambungan telepon baru di depan rumah kami di daerah Purwosari Kudus. Posisinya persis di sebelah tiang sambungan telepon yang lama milik Telkom.

Kami sudah menegur petugas tersebut. Lahan yang akan digunakan mendirikan tiang tersebut masih termasuk lahan pribadi. Selain itu, di bawahnya tertanam saluran pembuangan dari musala. Tetapi, petugas terus saja memaksa menanam tiang di lahan tersebut. Ketika kami tanya, para petugas tersebut mengaku tidak tahu-menahu tentang provider tiang tersebut.

’’Kami hanya orang suruhan,’’ kata salah seorang petugas. Sejak 8 Oktober lalu terpasang kabel sambungan di puncak tiang.

Dampak penanaman tiang sambungan yang asal-asalan itu, saluran pembuangan air musala kini mampet. Jamaah sangat terganggu. Kami telah mengadukan permasalah­an tersebut ke Plaza Telkom Kudus dan menelepon call center 147 beberapa kali. Namun, pihak Telkom menyebut itu bukan tiang sambungan mereka, tetapi milik perusahaan MNC Sky Media.

Kami lalu melakukan konfirmasi ke MNC Sky Media perwakilan Kudus. Kami hanya ditemui satpam yang menyatakan bahwa selama ini perusahaan­nya menggunaka­n perangkat satelit, bukan kabel sambungan. Kami juga sudah melapor kepada ketua RT dan kelurahan. Pak lurah hanya berjanji segera menindakla­njutinya.

Sebenarnya, milik siapakah tiang sambungan tersebut? Ke mana kami harus meminta pertanggun­gjawaban? Mengingat, sekarang sudah musim hujan dan genangan air dari saluran pembuangan musala yang tersumbat sudah mencapai pelataran tempat wudu sehingga mirip selokan. ACHMAD MIKAIL KAMIL, Krajan Purwosari, Kudus,

Jateng, 085226242x­xx

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia