Jawa Pos

Hari Ini Baksos, Besok Konser

Gus Ipul dan Iwan Fals Gugah Kesadaran Masyarakat untuk Cinta Lingkungan

-

MEMBANGUN kesadaran untuk cinta lingkungan bisa dimulai dari daerah sekitar pemukiman kita sendiri, termasuk kegiatan konkret membuat kampung lebih bersih. Berangkat dari semangat itulah dihelat bakti sosial mengubah Desa Kroman, Kabupaten Gresik, menjadi desa kelir.

Kegiatan berupa pengecatan rumah-rumah di Desa Kroman menjadi lebih berwarna itu dilakukan pagi hari ini (5/11) mulai pukul 06.00 WIB. Sebanyak 104 bangunan, antara lain, rumah penduduk, balai desa, masjid, dan musala, akan dicat secara serentak.

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf akan memimpin langsung bakti sosial yang diikuti Iwan Fals, Forpimda Gresik, masyarakat setempat, Oi (sebutan fans Iwan Fals), dan para anggota Pramuka yang total berjumlah 400 orang. Pengecatan sudah dilakukan secara bertahap sejak 25 Oktober 2016.

Kehadiran Iwan Fals bertepatan dengan Konser 55 yang akan dihelat di Lapangan Makodam V Brawijaya Surabaya besok (6/11). Konser akbar tersebut dihelat untuk memeriahka­n rangkaian acara hari ulang tahun ke-55 Pramuka. Acara tersebut juga dihelat untuk merayakan ulang tahun ke-55 Iwan Fals. Masyarakat umum dapat menghadiri Konser 55 tanpa dipungut biaya alias gratis. Sementara itu, Gus Ipul, sapaan akrab Saifullah Yusuf, menganggap kebersihan kampung merupakan perwujudan dari cinta lingkungan yang mendesak direalisas­ikan. Selain bersih-bersih dan penanaman pohon, pengecatan dengan tema warna-warni akan membuat tampilan kampung jadi lebih cantik.

”Kalau dicat warna-warni, kampung akan lebih sedap dipandang sekaligus memiliki daya tarik tersendiri. Ke depannya, warga pun akan enggan membuang sampah sembaranga­n atau membiarkan lingkungan­nya kotor. Dampak pengecatan ini jangka panjang,” kata Gus Ipul ketika mengunjung­i Balai Desa Kroman, Kabupaten Gresik, kemarin (4/11).

Pemilihan Desa Kroman sebagai lokasi bakti sosial telah melewati beberapa pertimbang­an. Pilihannya adalah antara Kabupaten Sidoarjo atau Gresik. Setelah berkonsult­asi dengan bupati dan wakil bupati Gresik, akhirnya Desa Kroman yang ditetapkan Pramuka sebagai lokasi bakti sosial. (kkn)

 ?? HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? BAKTI SOSIAL: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ketika berkunjung ke Desa Kroman, Kabupaten Gresik, dalam rangkaian aktivitas pengecatan berbagai bentuk infrastruk­tur, rumah, musala, dan balai kemarin (4/11).
HUMAS PEMPROV JATIM FOR JAWA POS BAKTI SOSIAL: Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf atau Gus Ipul ketika berkunjung ke Desa Kroman, Kabupaten Gresik, dalam rangkaian aktivitas pengecatan berbagai bentuk infrastruk­tur, rumah, musala, dan balai kemarin (4/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia