Jawa Pos

Mantan Chelsea Pilih Tiongkok

-

SEMPAT diisukan sebagai pelatih baru Inter Milan, Andre Villas-Boas justru membuat keputusan ekstrem. Mantan pelatih Chelsea dan Tottenham Hotspur dalam rentang waktu 2011 hingga 2013 itu malah merambah ke Tiongkok setelah kontraknya bersama Zenit Saint Petersburg berakhir musim panas lalu. Kemarin (4/11) VillasBoas resmi menangani klub Liga Super Tiongkok, SIGP (Shanghai Internatio­nal Port Group) FC.

Pelatih dengan inisial nama AVB itu menggantik­an pelatih top yang juga pernah membesut Manchester City dan Leicester City Sven-Goran Eriksson. Gaji tinggi ditengarai menjadi alasan AVB memilih SIPG. Sebagaiman­a dilansir BBC, pelatih berkebangs­aan Portugal itu bakal menerima GBP 11 juta (Rp 179,9 miliar) selama semusim.

Dengan gaji sebesar itu, AVB dibebani target tinggi alias membawa SIPG juara Liga Super Tiongkok 2017. Target yang gagal dipenuhi Eriksson dalam dua musimnya di SIPG. Masing-masing finis runner-up pada 2015 dan posisi ketiga tahun ini. ’’AVB pelatih muda di sepak bola Eropa. Dengan gairah dan pengalaman­nya, kami meyakini dia dapat membawa potensi klub ini ke arah yang lebih baik,’’ tulis SIPG dalam pernyataan resminya.

Berbicara dalam konferensi pers pengenalan­nya sebagai pelatih di klub berjuluk Red Eagles itu, AVB mengaku penasaran dengan musim pertamanya di Tiongkok. Dikutip ESPN, pelatih berusia 39 tahun itu tertantang untuk mengakhiri dominasi Guangzhou Evergrande yang selalu memenangi kompetisi dalam enam musim beruntun. ( ren/c17/dns)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia