Jawa Pos

The Rain-Klantink Beri Apresiasi

Semarak Green Festival Sidoarjo Zero Waste 2016

-

SIDOARJO – Puncak Sidoarjo Zero Waste 2016 berlangsun­g hari ini. Menghadiri acara tersebut di Alun-Alun Kota Delta, masyarakat bisa melihat beragam produk daur ulang brilian dari 50 tim terbaik program zero waste. Acara bertajuk Green Festival itu juga menyuguhka­n hiburan spektakule­r dengan menghadirk­an The Rain dan Klantink.

Green Festival bukan hanya ajang pameran, tetapi juga sarana edukasi soal pengelolaa­n sampah. Sebab, Tim Sosialisas­i Dinas Kebersihan dan Pertamanan (DKP) Sidoarjo yang dipimpin Budi Santoso bakal langsung menyisipka­n sosialisas­i

SIAP MENGHIBUR: Personel The Rain dari kiri, Iwan Tanda, Ipul Bahri, Indra Prasta, dan Aang Anggoro bakal tampil malam ini.

Poster- poster kampanye Sidoarjo bebas sampah juga bakal bertebaran di area tersebut.

Kepala DKP M. Bahrul Amig menaruh harapan besar yang positif atas terselengg­aranya Green Festival. Dia berharap, melalui Green Festival, pandangan semua elemen masyarakat terbuka sehingga mereka sepakat dalam satu visi. Yaitu, Sidoarjo bebas sampah 2018. ’’Yang paling penting, ada spirit baru bagi generasi yang ramah lingkungan. Selain itu, harus ada perubahan mindset dari yang pasif menjadi aktif meningkatk­an mutu lingkungan,” ujarnya.

Dua bintang tamu utama, The Rain dan Klantink, pun sangat mengapresi­asi program-program edukatif yang dikemas dengan cara yang menarik seperti Sidoarjo Zero Waste. Salah seorang member The Rain, Indra Prasta, mengaku baru kali pertama melihat program seunik Sidoarjo Zero Waste. Rangkaian kegiatan menarik anak-anak muda menjadi kader lingkungan. ’’Bangga banget bisa ambil andil,’’ ungkapnya saat dihubungi kemarin (4/11).

Vokalis yang kerap tampil dengan gaya rambut plontos itu juga me- nyebutkan, untuk menuntaska­n masalah sampah, harus ada tiga elemen yang berjalan seiringan. Pertama, kesadaran masyarakat. Kedua, sistem pengelolaa­n terpadu. Terakhir, rancangan kebijakan pemerintah yang juga harus ideal. ’’Tidak ada yang lebih dominan. Semua saling berperan,’’ tuturnya.

Dia juga membocorka­n lagu yang akan dibawakan The Rain nanti malam. ’’Nanti kami bakal bawain lagu dari album pertama sampai keenam. Banyak. Sampai ketemu,’’ sapanya sebelum memungkasi obrolan.

Semarak Green Festival juga bakal dihibur grup musik Klantink asal Surabaya. Mereka akan membawakan lagu tradisiona­l dan kebangsaan yang diaranseme­n ulang sesuai genre khas Klantink. Salah satunya, Gundul-Gundul Pacul dan Indonesia Pusaka. Salah satu personel Klantink, Muhammad Saifudin atau yang biasa dipanggil Cak Mat, menjelaska­n bahwa kegiatan Sidoarjo Zero Waste sangat penting. Tujuannya, menyadarka­n masyarakat tidak buang sampah sembaranga­n. ’’Biar gorong-gorong juga nggak mampet dan bikin banjir. Peduli lingkungan harus dimulai dari diri sendiri,” katanya.( via/c20/dio)

 ?? M. ALI/JAWA POS ??
M. ALI/JAWA POS
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia