Jawa Pos

Genjot Wisata Pesona Delta

-

SIDOARJO – Kota Delta menyimpan beragam potensi. Selain bidang industri dan usaha kecil menengah (UKM), Sidoarjo bakal menggenjot kedatangan penggunjun­g dalam Bulan Kunjungan Wisata. Selama dua bulan terakhir ini, misalnya. Ada beragam

event yang bisa dinikmati. Bulan Kunjungan Wisata resmi di- launching bersamaan dengan awarding juara Sayembara City Branding yang dimenangka­n tim Pesona Delta dari Universita­s Negeri Malang (UM). Tiga anggota tim, yakni Muhammad Harist N., Ryan Prayugo, dan Icha Chindyana, yang juga asal Sidoarjo itu berhasil memenangka­n logo branding bermotif batik beras dan ikon udang-bandeng. Mereka mengalahka­n ratusan peserta dari beragam kalangan

Kabid Perekonomi­an dan Sumber Daya Alam (SDA) Badan Perencanaa­n Pembanguna­n Daerah (Bappeda) Sidoarjo Trisnanto Edi Wibowo menyatakan, logo dan tagline karya tim Pesona Delta itu cukup merepresen­tasikan kebutuhan Sidoarjo. ’’Bulan Kunjungan Wisata yang tahun ini jadi kali pertama tersebut merupakan upaya pemkab untuk merangsang daya tarik masyarakat atas potensi, produk-produk, dan kesenian lokal,’’ katanya.

Selain itu, ungkap dia, Bulan Kunjungan Wisata diharapkan bisa menarik minat masyarakat luar Sidoarjo untuk datang berkunjung. ’’Program Bulan Kunjungan Wisata sebenarnya tidak bisa dikatakan benar-benar baru. Hanya, kami coba mengemasny­a menjadi serangkaia­n event supaya makin semarak,’’ ujarnya.

Melalui Bulan Kunjungan Wisata ini, bappeda berupaya mengganden­g satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) terkait untuk mendukung pengemasan agendaagen­da yang sudah ada menjadi rangkaian besar. Sejumlah SKPD yang ambil bagian adalah dinsosnake­r, dispendik, badan ketahanan pangan, dinas kelautan dan perikanan, diskoperin­dag, disporabud­par, dinas P3 (pertanian, perkebunan, dan peternakan), serta dinas perhubunga­n.

’’Diharapkan, nantinya, dengan satu bendera Bulan Kunjungan Wisata, promosi yang gencar akan berbanding lurus dengan per- tumbuhan potensi dan wisatawan yang masuk,’’ terang Trisnanto.

Karena anggaranny­a disetujui setelah perubahan anggaran keuangan APBD, untuk tahun ini, Bulan Kunjungan Wisata tersebut belum optimal. ’’Kami segera adakan rapat untuk membahas 2017 sehingga menjadi lebih terencana dan dimulai sejak awal tahun,” ungkapnya. (via/c20/hud)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia