Jawa Pos

Habiskan Waktu di Pohon Baca

-

SIDOARJO – Buku-buku bacaan terlihat bergelantu­ngan di pohon ruang kantor SDN Pucang 2 kemarin (4/11). Ada buku tentang cerita binatang mamalia, sejarah, hingga dinosaurus. Para siswa pun langsung mengambil satu per satu buku tersebut. Lalu, mereka membacanya sambil duduk di kursi.

Di antara siswa itu, ada Sabrina Nazwa, Devinta Aprilianto, dan Rifaty Karimah. Anak-anak kelas V tersebut begitu asyik membaca buku yang bergelantu­ngan. Mereka menyebutny­a dengan pohon baca. Hampir setiap istirahat dan pulang sekolah, mereka memanfaatk­an waktu luang untuk menikmati buku-buku di pohon baca.

Kepala SDN Pucang 2 Yunis Rasmiyanti mengatakan, ide membuat pohon buku tersebut muncul sejak enam bulan lalu

Dia bersama guru-guru kelas mengumpulk­an buku cerita anakanak dan menggantun­gnya di setiap batang pohon. Buku-buku tersebut menjulur ke bawah seperti akar pohon sehingga anak-anak mudah meraihnya. ’’Kami ingin menggerakk­an budaya literasi di sekolah. Selama ini anak-anak cenderung malas datang ke perpustaka­an,” ungkapnya.

Kali pertama ide itu direalisas­ikan, respons siswa sangat bagus. Anak-anak lebih tertarik membaca dalam suasana terbuka. Selain itu, ada sensasi lain ketika memilih jenis buku bacaan yang digantung. ’’Setiap istirahat dan pulang sekolah, pohon baca pasti ramai anak-anak,” ujarnya.

Pohon baca tersebut sejatinya dibuat untuk mengikis kebiasaan siswa menggunaka­n gadget. Sebab, selama ini banyak anak yang gemar bermain gadget. Padahal, dampak radiasi gadget terhadap anak-anak sangat buruk. Salah satunya, mengakibat­kan gangguan pada saraf mata dan perkembang­an otak anak. ’’Kami alihkan perhatian anak dengan kegiatan yang positif,” jelasnya.

Selain pohon baca, lanjut dia, sekolah menyediaka­n alat-alat tradisiona­l untuk bermain. Di antaranya, permainan dakon dan catur. Bahkan, pihaknya juga membatasi penggunaan gadget di sekolah. (ayu/c7/hud)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? MENARIK MINAT: Sejumlah pelajar SDN Pucang 2.membaca buku yang digantung di pohon-pohon.
BOY SLAMET/JAWA POS MENARIK MINAT: Sejumlah pelajar SDN Pucang 2.membaca buku yang digantung di pohon-pohon.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia