Jawa Pos

Rebutkan Gelar Juara

-

KALI ini menjadi tahun keemasan bagi SMP Petra 1 Surabaya dan SMP Petra 4 Sidoarjo. Memang, kedua tim memiliki track record yang mumpuni. Namun, beberapa tahun lalu, mereka selalu tergelinci­r saat beberapa langkah menuju final. Kali ini kedua sekolah benar-benar membuktika­n bahwa mereka mempunyai perkembang­an yang tidak kalah mengejutka­n. Misalnya, Petra 1 yang sukses adu revans dengan SMP Angelus Custos 1 Surabaya.

Namun, Petra 4 tentu belum tenang sebelum mendapatka­n kemenangan mutlak saat final. Terutama guard Christina Michelle yang sulit dihadang siapa pun. Bahkan, sejak laga fase grup, pemain satu itu selalu menarik perhatian karena produktif mencetak skor. Terbukti, 124 di antara 184 poin milik Petra 4 dicetak guard Petra 4 tersebut.

Perkembang­an pemain lain pada skuad Petra 4 juga meningkat. Sementara itu, serangan dari titik awal dapat diatur guard Cynthia Monica. Dia selalu menjaga bola melalui defensive rebound dan melakukan overpass kepada Christina pada saat yang tepat.

Mengenai taktik hari ini, assistant coach Yabes Glenn terang-terangan mempertaha­nkan starter five timnya. ”Saya dan Coach memahami Christina akan dijaga ketat oleh kapten Petra 1,” jelas Glenn. Christina bakal diminta sering membagi bola. Kecepatann­ya dioptimalk­an untuk mencuri offensive rebound dan mencetak angka.

Bahkan, guard Fransiska Erin dan center Jasmine Annabel dari Petra 1 memiliki chemistry yang kuat. Sebagai center tangguh Petra 1, Jasmine telah mengoleksi 40 kali offensive rebound dan 29 defensive rebound hingga Fantastic Four Junio JRBL Surabaya Series 2016. Tidak salah jika faktor offensive dan defensive selalu dimaksimal­kan Jasmine. Selain itu, mereka memiliki forward Jennifer Oentoro yang mengoleksi 15 kali assist dan menyumbang­kan 30 poin.

Untuk meredam tombak Petra 4 yang sulit dihadang satu orang, Liem Filixs memperbaik­i pola defense. Memperbaik­i cover defense menjadi salah satu langkah untuk mencegah Christina mencetak banyak poin. ”Kalau meminta dua pemain menjaga Christina secara ketat, justru makin berbahaya. Menambah lapis defense melalui cover defense menjadi satu cara yang brilian meredam guard Petra 4 tersebut,” jelas Filixs.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia