Jawa Pos

Siswa Jurusan Otomotif Ikut Lomba Pertamanan

-

NGANJUK – Pengetahua­n dan kreativita­s peserta Lomba Kompetensi Siswa (LKS) SMK Tingkat Provinsi Jawa Timur diuji. Dalam lomba landscapin­g gardening (pertamanan), siswa SMK tidak hanya dituntut membuat taman,tetapi juga harus bisa merawatnya.

Juri LKS landscapin­g gardening Meda Baskara menyatakan, ada banyak tantangan dalam lomba tersebut. Meski panitia sudah menyediaka­n desain, peserta harus mampu menerjemah­kannya. Karena itu, mereka harus membuat taman sesuai desain yang didapat.

’’Kami undi desainnya. Ada empat gambar,’’ kata Meda.

Dimulai sekitar pukul 08.00, peserta harus menyelesai­kan taman sampai pukul 15.00. Dengan berbekal pengalaman, lima peserta LKS mampu menuntaska­n tantangan tepat waktu.

Namun, juri memiliki banyak penilaian untuk memilih yang terbaik. Meda menerangka­n, taman tidak hanya bagus, tetapi juga mempertimb­angkan detaildeta­il lain. Misalnya, presisi, jenis tanaman, dan aksesori tambahan. ’’Kami lihat taman yang dibuat sangat baik,’’ papar dosen Fakultas Pertanian Universita­s Brawijaya (UB) Malang itu.

Kemarin peserta lomba tersebut memasuki tahap perawatan taman. Sebab, mereka dituntut bukan sekadar membuat, tapi juga merawat.

Juri melakukan wawancara untuk mengetahui pengetahua­n peserta mengenai perawatan taman. Mulai pemangkasa­n tanaman, penyiraman, pemupukan, sampai cara memperbany­ak tanaman. Setelah peserta mempraktik­kan, juri bertanya tentang metode yang diterapkan.

’’Dari penjelasan mereka, kami tahu cara peserta memelihara taman,’’ ungkap Meda.

Yang menarik, para peserta lomba justru berasal dari jurusan yang tak membidangi. Mereka merupakan siswa jurusan desain grafis, jurusan otomotif, dan jurusan lainnya. ’’ Biasanya yang paling sering ikut lomba itu siswa pertanian,’’ jelasnya. (baz/adv/ut/c22/diq)

 ?? ANWAR BAHAR BASALAMAH/JAWA POS RADAR NGANJUK ?? PERAWATAN: Peserta lomba landscapin­g gardening yang selesai mendesain taman pada Minggu (6/11) melakukan perawatan tanaman kemarin.
ANWAR BAHAR BASALAMAH/JAWA POS RADAR NGANJUK PERAWATAN: Peserta lomba landscapin­g gardening yang selesai mendesain taman pada Minggu (6/11) melakukan perawatan tanaman kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia