Jawa Pos

Satpolair Pelototi 37 Pelabuhan Rakyat

-

BANYUWANGI – Intensitas pengawasan kawasan perairan dan pelabuhan rakyat mulai ditingkatk­an. Satpolair Polres Banyuwangi sedikitnya dua kali berpatroli dalam sehari. Targetnya, meminimali­sasi potensi gangguan keamanan dan tindak kriminal di kawasan perairan.

Bukan hanya pelabuhan Tanjung Wangi dan ASDP Ketapang yang menjadi perhatian, kepolisian juga mengintens­ifkan pengawasan terhadap pelabuhan rakyat. Sedikitnya ada 37 pelabuhan rakyat yang menjadi perhatian ekstra dalam sepekan terakhir.

Patroli laut di kawasan Kabat, Rogojampi, dan Muncar yang memiliki pelabuhan-pelabuhan kecil tempat sandar perahu nelayan tradisiona­l juga diintensif­kan. ’’ Kami intensifka­n pengawasan pelabuhan umum dan rakyat. Seluruh aktivitas penyeberan­gan ke sana wajib dilaporkan,’’ jelas Kasatpolai­r Polres Banyuwangi AKP Subandi kemarin.

Subandi tidak menampik anggapan bahwa peningkata­n pengawasan tersebut tak terlepas dari rencana penyelengg­araan sidang umum Interpol sedunia yang dihadiri 200 negara di Bali Nusa Dua Convention Center, Bali. Agenda internasio­nal itu dijadwalka­n berlangsun­g mulai 7 hingga 10 November.

Untuk mendukung kinerja Satpolair Polres Banyuwangi tersebut, ada tambahan satu unit tim Ditpolair Polda Jawa Timur yang diterjunka­n ke Banyuwangi. Mereka ditempatka­n di pos pantau Pantai Boom. Selanjutny­a, mereka bertugas bersama polisi perairan Banyuwangi untuk menjaga keamanan di perairan di Selat Bali.

Bukan hanya itu, kesiapan pengamanan kegiatan internasio­nal tersebut juga tampak dari gelar apel pasukan yang digelar di halaman pelabuhan ASDP Ketapang kemarin. Berbagai personel pengamanan mengikuti apel akbar itu.

Kapolres Banyuwangi AKBP Budi Mulyanto menjadi inspektur upacara dalam kegiatan tersebut. Gelar pasukan diikuti 350 personel gabungan dari kepolisian, TNI, ASDP, pegiat pelestaria­n laut Kelompok Usaha Bersama (KUB) Pesona Bahari, serta Kelompok Masyarakat Bangsring Boat.( nic/aif/c5/end)

 ?? NIKLAAS ANDRIES/JAWA POS RADAR BANYUWANGI ?? PATROLI: Personel Satpolair Polres Banyuwangi di perairan Selat Bali kemarin.
NIKLAAS ANDRIES/JAWA POS RADAR BANYUWANGI PATROLI: Personel Satpolair Polres Banyuwangi di perairan Selat Bali kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia