Jawa Pos

Bunuh 2 TKI, Divonis Seumur Hidup

-

HONGKONG –Pengadilan Hongkong akhirnya memutuskan bahwa Rurik Jutting, mantan pegawai Bank of America Merrill Lynch, bersalah atas pembunuhan dua warga negara Indonesia (WNI), Sumarti Ningsih, 23, dan Seneng Mujiasih, 26. Kemarin (8/11) dia dijatuhi hukuman seumur hidup.

Sebelumnya, Jutting mengaku tidak bersalah. Menurut dia, dirinya tidak sengaja membunuh karena terpengaru­h obat-obatan dan alkohol. Para juri yang terdiri atas 4 perempuan dan 5 laki-laki berunding lebih dari 4 jam sebelum akhirnya memutuskan Jutting bersalah. Saat putusan dibacakan, Jutting yang mengenakan kaus biru hanya me- nundukkan kepala tanpa ekspresi apa pun.

Pengacara lantas membacakan pernyataan Jutting. Alumnus Cambridge University itu menyesali tindakanny­a. Dia mengakui bahwa tindakanny­a mengerikan. ’’Setiap hari saya masih dihantui ingatan atas tindakan saya dan kenyataan bahwa saya mengakibat­kan rasa sakit yang luar biasa terhadap orangorang yang mereka (Ningsih dan Mujiasih, Red) cintai. Tidak terkecuali kepada putra Ningsih,’’ ujar Jutting.

Jutting pun meminta maaf kepada keluarga dan teman-teman dari kedua korban. Pengacara Jutting menyatakan bahwa kliennya akan mengajukan permintaan untuk bisa menjalani masa hukuman di negara asalnya, Inggris. Jika permintaan tersebut diloloskan, Jutting berkesempa­tan keluar penjara. Sebab, di Inggris tahanan bisa mengajukan pembebasan bersyarat setelah menjalani masa hukuman beberapa tahun.

Hakim Michael Stuart-Moore yang memimpin sidang memperbole­hkan pengajuan permohonan tersebut. Namun, dia bakal menginform­asikan kasus Jutting itu secara detail kepada otoritas di Inggris. Termasuk tentang kesadisan pria tersebut. Stuart-Moore juga akan memperinga­tkan agar mereka tidak diperdaya Jutting pada kemudian hari. (Reuters/AFP/BBC/sha/c14/any) KOMUNIKASI BISNIS NASIONAL

 ??  ?? LINGKUNGAN ALAMI: Tipe Livia (foto kanan) yang memiliki lebar 7,5 meter dilengkapi dengan taman belakang yang luas. Graha Famili masih mempertaha­nkan konsep tropis modern di hunian tipe Velma.
LINGKUNGAN ALAMI: Tipe Livia (foto kanan) yang memiliki lebar 7,5 meter dilengkapi dengan taman belakang yang luas. Graha Famili masih mempertaha­nkan konsep tropis modern di hunian tipe Velma.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia