Jawa Pos

Lubang Raksasa Telan Jalan Raya

-

TOKYO – Fajar belum menyingsin­g di Kota Fukuoka saat sebuah lubang runtuhan alias sinkhole melahap sebagian jalan raya di dekat Stasiun Hakata kemarin (8/11). Lubang raksasa yang menganga di jalanan lima lajur itu membuat warga panik. Mereka khawatir lubang berdiamete­r 30 meter tersebut memicu kerusakan lebih parah.

”Tadi masih agak gelap di luar saat saya melihat lubang besar di jalan raya itu. Saya sangat terkejut dan langsung bertanyata­nya apakah benar jalannya ambles?” ujar seorang pria muda yang tinggal tidak jauh dari lokasi munculnya sinkhole tersebut.

Kepada NHK, dia menyatakan, awalnya, ada dua lubang yang muncul di sisi kanan dan kiri jalanan utama di depan Stasiun Hakata itu. Tetapi, dua lubang yang mulai terdeteksi sekitar pu- kul 05.00 waktu setempat lantas menjadi satu lubang superbesar. Aspal jalan di bagian tengah yang semula memisahkan dua lubang tersebut ambruk. Karena lubang itu muncul pada pagi, belum banyak orang yang melintas sehingga tidak ada korban.

Dasar lubang yang semula kering pun lalu teraliri air dan menjadi semacam kubangan. Sebab, ada pipa air yang putus akibat munculnya sinkhole di ibu kota Prefektur Fukuoka tersebut. Selain pipa air, lubang yang mengiris jalan raya itu memperliha­tkan saluran air dan sejumlah kabel di bawah aspal.

Wali Kota Fukuoka Soichiro Takashima menjelaska­n bahwa ukuran sinkhole tersebut semakin besar. Polisi yang berjaga di sekitar lokasi kejadian melaporkan, kedalaman lubang itu mencapai 15 meter pada siang. (AFP/Reuters/hep/c20/any)

 ?? REUTERS ?? MENGANGA: Lubang berdiamete­r 30 meter mendadak muncul di jalan dekat Stasiun Hakata, Fukuoka, Jepang.
REUTERS MENGANGA: Lubang berdiamete­r 30 meter mendadak muncul di jalan dekat Stasiun Hakata, Fukuoka, Jepang.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia