Jawa Pos

Koleksi Cagar Budaya Bertambah

-

JEMBER – Jumlah koleksi cagar budaya Balai Pelestaria­n Peninggala­n Purbakala (BP3) Trowulan di Kabupaten Jember bertambah. Masyarakat kian sadar untuk memberikan benda bersejarah yang mereka temukan ke tempat yang tepat.

Kepala BP3 Trowulan Didik Purbandrio menyatakan, benda cagar budaya yang baru diserahkan tersebut, antara lain, kapak neolitikum, mangkuk perak, arca tera kota, dan kapak klasik. Total koleksi cagar budaya yang dimiliki BP3 Trowulan Jember sekitar 1.200 buah yang terdiri atas sekitar 28 jenis.

Namun, tempat penyimpana­n cagar budaya sudah tidak mencukupi. Tentang usul pembanguna­n museum cagar budaya, alumnus Fakultas Sastra Universita­s Jember itu menyatakan, hal tersebut sudah dibahas dalam rancangan peraturan daerah.

Dia mengaku sudah cukup lama mengusulka­n adanya museum tersebut, namun belum terkabul. ’’Dalam raperda itu diwajibkan punya museum sehingga benda-benda bisa ditempatka­n di museum,’’ terangnya.

Salah satu tempat yang direncanak­an dijadikan museum adalah Jember Medical Center ( JMC) di Jalan Gajah Mada. Gedung yang tidak terpakai itu bakal menjadi tempat pindah koleksi cagar budaya.

’’Di sana sepertinya memadai. Itu masih isu, kepastiann­ya belum,’’ tuturnya.

Melalui museum itu, ungkap Didik, cagar budaya di Jember diharapkan bisa dijaga dengan baik sehingga bisa menjadi rujukan tempat belajar sejarah. Sebab, lanjut dia, Jember merupakan daerah dengan koleksi cagar budaya yang cukup lengkap. (gus/c1/hdi/c5/diq)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia