Jawa Pos

Bayi Kembar Tiga Lahir Selamat

-

HARIYANTO, 37, warga Dusun Krajan, Desa Jatimalang, Kecamatan Arjosari, bahagia bukan kepalang. Istrinya, Triyani, 33, kemarin (8/11) melahirkan bayi kembar tiga secara normal di Rumah Sakit Agung Mulia (RSAM).

Tiga bayi berjenis kelamin perempuan tersebut lahir dalam kurun waktu sekitar satu jam. Masing-masing lahir terpaut sekitar lima menit, sejak pukul 09.45 hingga pukul 10.45. Bayi pertama memiliki berat badan (BB) 1,9 kilogram (kg) dan panjang badan (PB) 46 sentimeter. Bayi kedua memiliki BB 1,8 kg dan PB 46 sentimeter serta bayi ketiga lahir dengan BB 1,8 kg dan PB 45 sentimeter.

Perawat RSAM Merita Grestiana menyatakan, Triyani merupakan pasien rujukan dari bidan Isti asal Kecamatan Arjosari. Dia datang sekitar pukul 08.30. Kemudian, petugas kesehatan RSAM membawa pasien ke ruang persalinan untuk menjalani pemeriksaa­n ultrasonog­rafi (USG).

”Selama menjalani persalinan, tidak ada kendala berarti,’’ ujarnya kepada Jawa Pos Radar Pacitan.

Sebelumnya, dari hasil diagnosa awal, pasien diketahui memiliki kehamilan gemeli (kembar dua). Merita menerangka­n, bayi pertama dan kedua lahir sungsang atau bayi lahir ketika kepala di atas. Sementara itu, bayi ketiga lahir posisi normal dengan kepala di bawah. ”Semuanya lahir dalam keadaan normal,’’ katanya.

Setelah lahir, bayi langsung dirawat di inkubator karena beratnya masih kurang. Idealnya, berat bayi lahir normal adalah 2,5 kg. Namun, karena usia kehamilan pasien masih 334 minggu, hal itu tidak menjadi masalah. ”Sebab, semua bayi menangis kuat. Geraknya juga aktif. Tidak apa-apa. Nanti kami hangati saja. Kami inkubator,’’ jelas Merita.

Hariyanto tidak menyangka jika istrinya akan melahirkan tiga bayi kembar sekaligus. Namun, dia mengaku sudah tahu jika bayi yang dikandung istrinya tersebut kembar. Informasi itu didapat saat sang istri menjalani pemeriksaa­n USG sejak awal kehamilan.

’’Hanya tahu kalau kembar dua. Tidak tahu kalau sampai kembar tiga,’’ katanya.

Kendati demikian, Hariyanto mengaku masih belum memikirkan nama untuk tiga anak kembarnya. Dia akan memikirkan hal itu setelah berunding dengan pihak keluarga. ”Ini anak kedua. Soal nama, masih belum kepikiran,’’ terang Hariyanto yang terpaksa harus membatalka­n perantauan­nya ke Malaysia karena istrinya melahirkan. (her/c21/diq)

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia