Jawa Pos

Pembanguna­n Jalan Layang Transjakar­ta Terus Berjalan

-

JAKPUS – Pemprov DKI Jakarta terus memperbaik­i moda transporta­si umumnya. Yang pertama adalah menambah infrastruk­tur guna menunjang operasiona­l Transjakar­ta. Salah satunya, membangun jalan layang untuk memenuhi kebutuhan koridor XIII Transjakar­ta. Sampai saat ini, pembanguna­n jalan layang sepanjang 9,3 kilometer yang membentang dari Ciledug sampai Kapten Tendean itu tengah dikerjakan Dinas Bina Marga (DBM) DKI.

Bidang Simpang dan Jalan Tak Sebidang (SJTS) DBM DKI yang menggarap proyek dengan total anggaran Rp 2,5 triliun tersebut. Sesuai rencana semula, pembanguna­n fisik jalan layang itu diproyeksi rampung akhir tahun ini.

Kepala Bidang SJTS DBM DKI Heru Suwondo mengungkap­kan, delapan kontraktor yang menggarap proyek tersebut harus mampu menuntaska­n pekerjaan mereka sebelum tutup tahun. ”Mau tidak mau harus sudah selesai sampai 15 Desember (2016, Red),” ucapnya.

Namun demikian, dia tidak menutup mata dengan sejumlah kendala. Salah satunya, pembebasan lahan di beberapa titik pembanguna­n jalan layang terpajang di Indonesia itu.

Menurut dia, sampai saat ini, DBM DKI masih berupaya membebaska­n seluruh lahan yang dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan tersebut. Khususnya, lahan di sekitar Jalan Ciledug Raya. Harapannya, pembebasan lahan segera tuntas sehingga target yang sudah mereka patok tercapai.

Selain itu, Pemprov DKI melakukan penggantia­n armada bus umum seperti Kopaja dan Metromini yang sudah tak memenuhi kelaikan jalan lagi. Bersama PT Transporta­si Jakarta (TJ), mereka mengevalua­si prototipe bus medium yang bakal menjadi opsi pengganti Kopaja maupun Metromini. Hal itu dilakukan lantaran mereka ingin kualitas bus benar-benar baik. (syn/c5/ano)

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? DIPERCEPAT: Pembanguna­n jalan layang Transjakar­ta koridor XIII sepanjang 9,3 kilometer ditargetka­n selesai akhir tahun ini.
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS DIPERCEPAT: Pembanguna­n jalan layang Transjakar­ta koridor XIII sepanjang 9,3 kilometer ditargetka­n selesai akhir tahun ini.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia