Jawa Pos

Pembunuh sang Pejuang Kehutanan Masih Berkeliara­n

-

BALIKPAPAN – Hingga 72 jam lebih pencarian, Saiful Anwar, pelaku penikaman Slamet Usman, ketua RT 46 Karang Joang, Balikpapan Utara, masih berada di dalam hutan dan belum terlihat.

’’Memang butuh waktu. Tapi, pasti kami tangkap. Identitas pelaku kan sudah kami kantongi, tinggal masalah waktu. Pelaku pasti bagaimanap­un akan keluar dari hutan,’’ kata Kapolres Balikpapan AKBP Jeffri Dian Juniarta.

Secara terpisah, Kementeria­n Lingkungan Hidup dan Kehutanan memberikan atensi khusus terhadap kasus pembunuhan Slamet Usman yang terjadi Sabtu (5/11).

Kepala Badan Pengelola Hutan Lindung Sungai Wain (BP HLSW) Purwanto mengungkap­kan, atensi kementeria­n bukan tanpa alasan. Korban adalah salah seorang pejuang perhutanan sosial di Kalimantan Timur. Semasa hidup, Slamet banyak berjasa membangun Hutan Kemasyarak­atan (HKm). ’’Kementeria­n sangat ingin mengetahui perkembang­an kasus tersebut,’’ ujar Purwanto. Sebelum kejadian, pelaku Saiful Anwar datang di rumah korban untuk meminta surat pengantar sebagai syarat dalam sebuah kelompok tani. Di kelompok tani yang dimaksud berkenaan dengan izin pengelolaa­n lahan di HKm.

Namun, permintaan tersebut ditolak oleh korban karena pelaku bukan warga sekitar atau terdaftar dengan identitas Karang Joang. ’’KTP-nya bukan Karang Joang. Kalau hanya sebatas menolak surat pengantar, korban dibunuh, ini sangat aneh dan ganjil,” akunya. (bp-21/war/ami)

 ?? DOK. JPG ?? Slamet Usman
DOK. JPG Slamet Usman

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia