Jawa Pos

Malam Ini Surabaya Membara

Jalan Pahlawan Ditutup

-

Dari Jalan Bubutan

Jalan Pahlawan ditutup pada Rabu (9/11) mulai pukul 19.00–selesai acara. Alternatif Jalan yang Bisa Dilalui Pengendara yang melintas di Jalan Bubutan diarahkan ke kiri menuju Jalan Indrapura. Jika ingin ke pusat kota, pengendara bisa masuk ke Jalan Rajawali, lantas menuju Jalan Veteran (kemudian mengikuti jalan alternatif yang pertama).

SURABAYA – Drama kolosal Surabaya Membara berlangsun­g malam nanti (9/11). Pertunjuka­n yang menampilka­n kisah perjuangan arek Suroboyo saat melawan penjajah itu diselengga­rakan di Jalan Pahlawan. Kemarin (8/11) persiapan yang dilakukan sudah mencapai 100 persen. Termasuk pengamanan dan pengalihan arus lalu lintas saat acara berlangsun­g.

Satlantas Polrestabe­s Surabaya dibantu Unit Lantas Polsek Bubutan sudah menerjunka­n personel untuk mendukung kesuksesan acara tersebut

Persiapan itu dirintis sejak kemarin malam. Petugas merancang rekayasa lalu lintas karena Jalan Pahlawan yang menjadi tempat berlangsun­gnya acara ditutup total.

Penutupan dilakukan mulai pukul 19.00 dan dibuka lagi pada pukul 20.30. ’’Kami sudah mencoba menerapkan rekayasa lalu lintas itu pada geladi resik pada Senin (7/11),’’ kata Kanitlanta­s Polsek Bubutan AKP Gusti Antara. Penumpukan kendaraan yang dikhawatir­kan ternyata tidak seberapa terlihat saat geladi bersih berlangsun­g. ’’Ada di beberapa titik, itu pun karena pengendara belum tahu harus mengarah ke mana,’’ lanjutnya.

Karena itu, malam nanti Antara menerjunka­n anak buahnya di beberapa persimpang­an yang menjadi jalan alternatif selama penutupan Jalan Pahlawan. Selain mengatur lalu lintas, personel akan menjadi penunjuk arah bagi masyarakat yang hendak melintas di jalan alternatif. ’’Nanti pasti kami arahkan lewat mana,’’ tuturnya.

Dia yakin saat Surabaya Membara digelar, kepadatan kendaraan di sekitar lokasi tidak terlalu parah. Selain acara itu hanya berlangsun­g dua jam, arus lalu lintas saat pergelaran tersebut dimulai tidak sepadat pada saat jam berangkat atau pulang kerja. ’’Pagi dan sore memang ada kemacetan, tapi setelah magrib Jalan Pahlawan lancar,’’ bebernya.

Untuk warga yang ingin melihat aksi teatrikal tersebut, Polsek Bubutan sudah menyiapkan beberapa titik parkir. Baik roda dua maupun roda empat. Tempat parkir itu merupakan titik terdekat yang bisa dijangkau dengan jalan kaki oleh masyarakat yang ingin menonton Surabaya Membara. ’’Memang kami pilih yang dekat. Gunakan lahan parkir itu semaksimal mungkin, jangan parkir di pinggir-pinggir jalan. Risiko kehilangan kendaraan dan menambah kemacetan bisa terjadi,’’ bebernya.

Sementara itu, Kasatlanta­s Polrestabe­s Surabaya AKBP Adewira Negara mengatakan, Surabaya Membara terhitung event yang kondusif. Apalagi, pengalihan arus bersifat sementara. ’’Ya setelah itu seperti biasanya,’’ terangnya. Ditambah, Jalan Pahlawan bukanlah titik kemacetan di metropolis.

Sementara itu, Taufik Monyong, pimpinan produksi Membara, mengatakan, kurang lebih ada 1.500 orang akan terlibat dalam drama kolosal tersebut. Tembakan dan ledakan juga akan dipersiapk­an untuk membawa suasana perang 10 November kembali dirasakan warga Surabaya.

Ketua Dewan Kesenian Jawa Timur itu menjelaska­n, b aya Membara kali ini membawa kisah tentang pidato Bung Tomo. Pidato yang kemudian menjadi pelecut semangat arek- arek Suroboyo dalam melawan penjajah. ‘’ Lokasinya mema ng di Radio Bung Tomo sebenarnya, tapi sengaja saya atur di Jalan Pahlawan. Biar ke san pe pe ra nga nnya terlihat,’’ katanya. (rid/c7/git)

 ?? GALIH COKRO/ JAWA POS ?? KOLOSAL : Pertunjuka­n Surabaya Membara di Tugu Pahlawan tahun lalu. Malam ini pertunjuka­n yang lebih dahsyat akan berlangsun­g di Jalan Pahlawan.
GALIH COKRO/ JAWA POS KOLOSAL : Pertunjuka­n Surabaya Membara di Tugu Pahlawan tahun lalu. Malam ini pertunjuka­n yang lebih dahsyat akan berlangsun­g di Jalan Pahlawan.
 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? Surabaya SuraPRIORI­TASKAN ASI: Air susu ibu merupakan nutrisi terbaik bagi bayi.
DITE SURENDRA/JAWA POS Surabaya SuraPRIORI­TASKAN ASI: Air susu ibu merupakan nutrisi terbaik bagi bayi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia