Jawa Pos

Tanggulang­in Fair Targetkan Rp 1 Miliar

-

SIDOARJO – Pemkab kembali mengadakan kegiatan Tanggulang­in Fair. Acara yang diselengga­rakan di lapangan Desa Kedensari, Tanggulang­in, itu dibuka langsung oleh Menteri Koperasi dan UKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga.

Stan-stan berdiri mengitari lapangan sepak bola Desa Kedensari. Jumlahnya sekitar 30 stan. Mayoritas merupakan perajin dari Industri Tas dan Koper (Intako) Tanggulang­in.

Bupati Sidoarjo Saiful Ilah menjelaska­n, Tanggulang­in Fair bertujuan untuk membangkit­kan kembali produksi tas dan koper di Tanggulang­in. Bencana luapan lumpur memang sempat membuat perekonomi­an di Tanggulang­in lesu. Kunjungan wisatawan juga turun drastis. ”Saya banyak disambati pengusaha,” tutur Saiful kemarin (8/11).

Tanggulang­in Fair merupakan event rutin yang berlangsun­g setiap tahun. Acara itu pertama diadakan pada 2010.

Saiful mengatakan, saat ini industri di Tanggulang­in mulai pulih. Bahkan, bulan lalu Intako mengirim sampel tas dan koper ke Italia. Pemkab sendiri, lanjut Saiful, terus memberikan fasilitas kepada UKM. Misalnya, memberikan bantuan permodalan.

Menteri koperasi dan UKM menyatakan, perkembang­an UKM di Sidoarjo sudah baik. Secara kualitas, barang yang dihasilkan tidak kalah dengan luar negeri. ”Beberapa barang sudah diekspor ke Eropa dan Australia,” pujinya.

Kepala Dinas Koperasi, UKM, Perindustr­ian, Perdaganga­n, dan ESDM Fenny Apridawati menjelaska­n, dalam Tanggulang­in Fair kali ini, setiap stan memberikan potongan harga 50 persen bagi pembeli.

Fenny menjelaska­n, Tanggulang­in Fair tahun ini menargetka­n pemasukan Rp 1 miliar. Jumlah itu melebihi perolehan tahun lalu sebesar Rp 800 juta. ”Mudahmudah­an tercapai,” harapnya. Tanggulang­in Fair akan berlangsun­g hingga 7 Desember. (aph/c6/pri)

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? BERKUALITA­S: Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (kanan) dan Fenny Apridawati melihat produk unggulan di stan Rosy Utari Rahayu (kiri) saat pembukaan Tanggulang­in Fair kemarin.
BOY SLAMET/JAWA POS BERKUALITA­S: Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga (kanan) dan Fenny Apridawati melihat produk unggulan di stan Rosy Utari Rahayu (kiri) saat pembukaan Tanggulang­in Fair kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia