Jawa Pos

Jalan Provinsi Jadi Jalan Nasional

-

SURABAYA – Sejumlah ruas jalan di Jatim mengalami peningkata­n status. Tahun ini, ada dua ruas jalan provinsi yang naik kelas menjadi jalan nasional. Yakni, Jalan Legundi-Bunder dan Jalan Pantai Utara (Pantura) Bangkalan di Madura.

Kepala Satuan Kerja Perencanaa­n dan Pengawasan Balai Besar Pelaksanaa­n Jalan Nasional (BBPJN) VIII mengatakan, peningkata­n status dari jalan provinsi ke jalan nasional dikarenaka­n beban jalan yang terus mengalami peningkata­n. Itu terlihat dari kendaraan berat yang melewati jalur tersebut semakin banyak. Alhasil, kondisi jalan cepat rusak. ”Provinsi sudah tidak mampu memangani jalan tersebut, makanya dilimpahka­n ke nasional,” katanya. Dia menambahka­n, pasca menjadi jalan nasional, mulai pemelihara­an hingga perbaikan jalan, menggunaka­n APBN.

Yudhi menyebutka­n, ada banyak ruas jalan di Jatim yang naik status menjadi jalan nasional. Yang terbaru, Jalan Legundi-Bunder sepanjang 26 kilometer dan Jalan Pantura Bangkalan yang panjangany­a mencapai 160 kilometer.

Dia menyebutka­n, jalan Madura yang berubah status menjadi jalan nasional berada di daerah tengah. Mulai dari Bangkalan, Ketapang, Sampang, Sotabar, hingga Semenep. ”Setelah diserahkan sebagai jalan nasional, kami melakukan survei. Hasilnya, ada jembatan rusak di dua ruas jalan tersebut,” katanya. Yudhi menyebutka­n, total ada delapan jembatan kritis yang harus segera diperbaiki di dua ruas jalan yang tahun ini berubah status menjadi jalan nasional. Sebanyak dua jembatan di antaranya berada di Tuban dan lima sisanya ada di Madura Utara.

Nah, rencananya, perbaikan delapan jembatan tersebut bakal dilakukan tahun depan. Sumber dananya dari APBN 2017. Yudhi tidak menyebutka­n angka pasti anggaran yang dikucurkan untuk perbaikan jembatan- jembatan itu. Namun, dia menyebutka­n, pembanguna­n jembatan selebar 7 meter, anggaran per meternya adalah Rp 250 juta. (rst/git)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia