Jawa Pos

Operasi via Mulut Kelima

Angkat Tumor Tiroid tanpa Bekas di Soetomo

-

SURABAYA – Selama ini salah satu cara pengambila­n tumor tiroid menggunaka­n metode endoskopi. Metode tersebut memungkink­an pembedahan dengan luka kecil. Masalah yang sering terjadi adalah timbulnya bekas luka.

Tim spesialis bedah kepala leher RSUD dr Soetomo dalam dua bulan terakhir mengembang­kan teknik endoskopi mutakhir. Namanya Transoral Endos copic Thyroidect­omy Vestibular Approach ( TOETVA). ’’Sudah ada lima pasien yang berhasil kami tangani,’’ ujar dr Urip Murtedjo SpB-KL.

Dibandingk­an dengan teknik endoskopi, TOETVA memiliki keunggulan soal estetika. Tidak ada bekas yang terlihat dari luar. Sebab, pengerjaan tindakan dilangsung­kan melalui mulut. Dokter akan memberikan sayatan di bibir bawah bagian dalam, depan gusi. Ada tiga lubang berjajar. Bagian tengah berukuran 1 sentimeter dan dua lainnya berukuran 0,5 sentimeter.

Dari tiga lubang tersebut, tim dokter melakukan tindakan. Lubang yang paling besar digunakan untuk memasukkan kamera endoskopi. Dua lubang lainnya berfungsi sebagai jalan untuk pemotong tumor tiroid. ’’Pasien dibius total. Untuk pernapasan selama operasi lewat hidung,’’ tutur Urip.

Segala tindakan medis pasti berisiko. Karena dilakukan di dalam rongga mulut, TOETVA berisiko infeksi.

Nimah, 45, pasien yang mendapat penanganan TOETVA, menuturkan masih merasakan nyeri seminggu setelah tindakan. Dia tak menyangka kena tumor tiroid. Keluhannya batuk tidak sembuhsemb­uh. (lyn/c15/nda)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia