Jawa Pos

ANGKAT POTENSI GENERASI MUDA

Wakil Gubernur Jawa Timur Saifullah Yusuf terus menggiatka­n berbagai cara positif untuk memaksimal­kan potensi generasi muda. Pria yang juga ketua Kwarda Pramuka Jatim itu telah merealisas­ikannya lewat acara-acara yang terbukti mendapat respons positif. Se

- Fals. (kkn)

BERKOLABOR­ASI dengan Oi (sebutan fans Iwan Fals), Gus Ipul sukses mewujudkan dua kegiatan yang sangat positif. Pertama adalah bakti sosial di Desa Kroman, Kabupaten Gresik. Kedua, lewat konser 55 Pramuka yang menjadi ajang beraspiras­i lewat seni sekaligus silaturahm­i bagi Pramuka, Oi, masyarakat luas, dan pemerintah.

Gaya Gus Ipul yang mudah diterima anak muda merupakan salah satu kunci sukses setiap acara-acara yang digagasnya. Style berkomunik­asi yang santai, riang, namun berisi sangat efektif menggugah kesadaran anak muda berkontrib­usi lebih kepada lingkungan sekitar. Bukan hal baru lagi jika akhirnya Gus Ipul juga sangat populer di kalangan pelajar dan komunitas.

”Anak muda itu memiliki gaya tersendiri untuk bereskpres­i. Kita yang harus update dan tanggap agar dapat ’klik’ dengan mereka. Nah, bakti sosial di Desa Kroman ini merupakan bentuk inovasi bagaimana anak muda, baik dari Pramuka dan Oi, berkontrib­usi lebih untuk lingkungan dan masyarakat,” katanya.

Kolaborasi guyub Pramuka dan Oi menjadi kunci utama kesuksesan bakti sosial menyulap Desa Kroman menjadi Desa Kelir. Sekarang, tampilan Desa Kroman semakin berwarna-warni karena 104 bangunan seperti rumah penduduk, balai-balai nelayan, masjid, musala, dan jembatan telah dicat ulang dengan tampilan lebih

nge-jreng. Lingkungan­nya pun lebih bersih dan cerah. ”Semoga desa ini terkenal dengan ciri khas warna bangunanny­a. Terus dipertahan­kan kebersihan sekaligus bisa menjadi contoh bagi daerah-daerah lainnya,” tegas Gus Ipul. Dalam kegiatan Pramuka Peduli tersebut, Gus Ipul menyiapkan cat yang dipakai untuk mempercant­ik bangunan di Desa Kroman.

Bersama Iwan Fals, Gus Ipul juga membaur dengan warga dengan membersihk­an dan memunguti sampah di area Desa Kroman. Kerja keras tersebut telah diawali secara bergotong-royong sejak 25 Oktober lalu.

Sebelum dicat, Desa Kroman terkenal kumuh. Namun, dengan komitmen tinggi, secara perlahan Pemkab Gresik bersama stakeholde­r memperbaik­i sarana dan prasarana agar tata ruang bisa rapi serta bersih.

”Tugas selanjutny­a setelah bersih adalah harus mengatur area jualan sehingga kebersihan terus terjaga. Boleh berjualan, tetapi diatur. Kalau bersih, semua ikut merasakan efeknya untuk hidup sehat,” ungkap Gus Ipul.

Kebersihan dan keelokan Kampung Kelir juga membuat Iwan Fals terkagum-kagum. Ia mengungkap­kan, bahwa kampung yang bersih dan dicat warna-warni memang terkesan beda. Lebih rapi dan bersih.

”Saya senang dan bangga bahwa ada kampung yang berwarna dan membuat hati nyaman. Sungguh, kampung ini sangat menginspir­asi. Saya akan cerita ke kampung saya bahwa di Gresik ada kampung warna-warni dan bikin beda suasana sehigga menjadi nyaman,” puji Iwan

 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? SOLID: Dari kiri, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Menko Bidang Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Wakil Gubernur Jawa TImur Saifullah Yusuf.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS SOLID: Dari kiri, Gubernur Jawa Timur Soekarwo, Menko Bidang Pembanguna­n Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani, serta Wakil Gubernur Jawa TImur Saifullah Yusuf.
 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? BERI INSPIRASI POSITIF: Kaka (kanan), vokalis Slank, bernyanyi menghibur ribuan Pramuka se-Jawa Timur dari atas Kapal Dewaruci saat peringatan Hari Pramuka ke-55 di Mako Armatim, Surabaya, pada 4 September 2016.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS BERI INSPIRASI POSITIF: Kaka (kanan), vokalis Slank, bernyanyi menghibur ribuan Pramuka se-Jawa Timur dari atas Kapal Dewaruci saat peringatan Hari Pramuka ke-55 di Mako Armatim, Surabaya, pada 4 September 2016.
 ?? PEMPROVYUY­UNGJATIMAB­DI/FORJAWAJAW­A POSPOS ?? NYANYIKAN KEMESRAAN: Dari kiri, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Fatma Saifullah Yusuf, Iwan Fals, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Nina Soekarwo ketika Konser 55 Pramuka di Lapangan Makodam V Brawijaya pada 6 November 2016.
PEMPROVYUY­UNGJATIMAB­DI/FORJAWAJAW­A POSPOS NYANYIKAN KEMESRAAN: Dari kiri, Wakil Gubernur Jatim Saifullah Yusuf, Fatma Saifullah Yusuf, Iwan Fals, Gubernur Jatim Soekarwo, dan Nina Soekarwo ketika Konser 55 Pramuka di Lapangan Makodam V Brawijaya pada 6 November 2016.
 ?? YUYUNG ABDI/JAWA POS ?? GUYUB: Iwan Fals (kiri) dan Gus Ipul bergotong royong bersama masyarakat Desa Kroman, Gresik, mengecat pagar pembatas jalan.
YUYUNG ABDI/JAWA POS GUYUB: Iwan Fals (kiri) dan Gus Ipul bergotong royong bersama masyarakat Desa Kroman, Gresik, mengecat pagar pembatas jalan.
 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? KONSISTEN: Event tahunan East Java Scouts Challenge menjadi wadah bagi para anggota Pramuka untuk menunjukka­n potensi diri.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS KONSISTEN: Event tahunan East Java Scouts Challenge menjadi wadah bagi para anggota Pramuka untuk menunjukka­n potensi diri.
 ?? PEMPROV JATIM FOR JAWA POS ?? TANAMKAN KEMANDIRIA­N: Para anggota Pramuka mengikuti lomba pionering saat apel HUT Pramuka di Mako Armatim, Surabaya, 4 September 2016.
PEMPROV JATIM FOR JAWA POS TANAMKAN KEMANDIRIA­N: Para anggota Pramuka mengikuti lomba pionering saat apel HUT Pramuka di Mako Armatim, Surabaya, 4 September 2016.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia