Jawa Pos

Wajib Lapor Penanganan Pungli Tiap Bulan

Perintah Kemendagri kepada Kepala Daerah

-

JAKARTA – Implementa­si gerakan satuan tugas sapu bersih pungutan liar (satgas saber pungli) di berbagai daerah akan dilakukan secara berkesinam­bungan. Konsekuens­inya, pemerintah daerah diwajibkan melaporkan hasil pengawasan pungli secara berkala setiap bulan.

”Paling lambat tanggal 5 setiap bulannya,” kata Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo di Kantor Kementeria­n Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta, kemarin (21/11).

Laporan tersebut, lanjut Tjahjo, dibutuhkan sebagai bentuk pengawasan kinerja saber pungli sekaligus bahan evaluasi. Nanti gubernur maupun bupati/ wali kota diminta memerintah­kan inspektur di daerah masingmasi­ng untuk melaporkan hasil pengawasan kepada Mendagri dan Irjen Kemendagri.

Dia mengakui, di berbagai sektor pelayanan publik, zona zero pungli belum terealisas­i sebagaiman­a mestinya. Hal itu disebabkan beberapa hal, seperti mentalitas aparatur dan masyarakat yang rendah, SOP yang tidak efektif, hingga pengawasan yang tidak berjalan.

Oleh karena itu, mantan Sekjen PDIP tersebut memandang persoalan itu sebagai tantangan yang harus ditindakla­njuti. ”ASN (aparatur sipil negara, Red) yang terbukti terlibat pungli kami perintahka­n untuk disanksi,” imbuhnya.

Lantas, wilayah pelayanan mana saja yang menjadi prioritas pemerintah? Menteri kelahiran Solo itu menyebutka­n, ada tujuh area yang harus mendapatka­n perhatian khusus dari saber pungli. Yakni, sektor perizinan, hibah, dan bantuan sosial, kepegawaia­n, pendidikan, dana desa, pelayanan publik, serta pengadaan barang dan jasa.

Sementara itu, Wakil Ketua Pelaksana Satgas Saber Pungli Nasional Sri Wahyunings­ih mengatakan bahwa selain yang bersifat represif, akan dilakukan upaya-upaya pencegahan. Sebab, selain penindakan, saber dibebani tugas pencegahan.

Salah satu upaya tersebut adalah dengan menata ulang SOP yang efektif untuk memotong celah yang dimanfaatk­an ASN culas melakukan pungli. ”Manakala di SOP perlu perbaikan, itu juga masuk fungsi pencegahan,” ujarnya.

 ?? MIFTAHULHA­YAT/JAWA ?? PETUNJUK ANGGARAN: Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan kepada pers setelah menghadiri Rakernis Fungsi Intelkam TA 2016 di Mabes Polri, Jakarta, kemarin (21/11).
MIFTAHULHA­YAT/JAWA PETUNJUK ANGGARAN: Mendagri Tjahjo Kumolo memberikan keterangan kepada pers setelah menghadiri Rakernis Fungsi Intelkam TA 2016 di Mabes Polri, Jakarta, kemarin (21/11).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia