Jawa Pos

Selamatkan Yang Tersisa dengan Sampan

190 Ha Sawah Terendam

-

JAMBI – Hujan yang terus mengguyur Provinsi Jambi mengakibat­kan sejumlah lahan pertanian terendam banjir. Di Kota Jambi, sedikitnya 190 hektare (ha) sawah mendadak jadi ”danau”. Akibatnya, para petani harus panen lebih awal dengan perahu. Selain puluhan hektare sawah, sejumlah tanaman jagung dan cabai di kawasan Kecamatan Telanaipur­a terendam banjir.

”Luas tanaman yang terendam bertambah. Sungai Batanghari terus naik. Sehari bisa naik 15 cm,” kata Irwansyah, Kepala Dinas Pertanian, Peternakan, Perikanan, dan Kehutahan Kota Jambi kemarin (21/11). Dia mengungkap­kan, sekitar 190 ha sawah terendam. Yakni, 130 ha sawah di kawasan Kecamatan Pelayangan dan 60 ha di Kecamatan Danau Teluk. Selain sawah, ada lahan pertanian lainnya yang terendam. Misalnya, di Telanaipur­a. Ada 1,5 ha tanaman jagung dan 0,5 ha tanaman cabai yang terendam banjir. ”Baru terendam, belum puso,” ujarnya.

Irwansyah menyatakan, dirinya mengambil langkah untuk mengajak petani mempercepa­t masa panen. ”Panennya menggunaka­n perahu karena memang sudah terendam,” paparnya.

Untuk tanaman jagung dan cabai yang terendam di Kecamatan Telanaipur­a, kata Irwansyah, tanaman tersebut belum menghasilk­an.

”Jagungnya baru berumur dua bulan. Cabainya baru berumur 40 hari,” jelasnya Zainal, salah seorang petani padi di kawasan seberang Kota Jambi, menyatakan, meski banjir telah merendam sawah, para petani yakin masih mendapat untung. Sebab, sebagian sawah mereka yang terendam sudah memasuki masa panen.

Dia mengungkap­kan, untuk memanen, mereka terpaksa berendam dan menggunaka­n perahu. Jika terlalu lama terendam, dampak buruk melanda kualitas padi itu sendiri.

Meski menggunaka­n sampan, ada juga sebagian padi yang tidak bisa dipanen karena tenggelam.

”Kalo yang sudah tenggelam, kito panen surut kagek bae,” ujarnya. Padi yang sudah dipanen, kata Zainal, segera dijemur. Jika tidak, padi tersebut menjadi kecambah dan berkualita­s buruk.

 ?? M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPG ?? PANEN DINI: Seorang petani di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, memanen padinya yang terendam banjir.
M RIDWAN/JAMBI EKSPRES/JPG PANEN DINI: Seorang petani di Kecamatan Pelayangan, Kota Jambi, memanen padinya yang terendam banjir.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia