Jawa Pos

Kebangsaan Katrol Nilai Perusahaan

-

JAKARTA – Sebanyak 68 pengusaha yang tergabung dalam Entreprene­urs’ Organizati­on (EO) Indonesia mengikuti pembekalan wawasan kebangsaan oleh Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhannas) di Jakarta kemarin (21/11). Program tersebut diharapkan menjadi bekal bagi para pengusaha dalam membangun perusahaan dan perekonomi­an bangsa berdasar nilai-nilai kebangsaan.

Hal tersebut disampaika­n Deputi Pemantapan Nilai-Nilai Kebangsaan Lemhannas Laksda TNI Yuhastihar di gedung Lemhannas. Dia mengatakan, pengusaha juga menjadi salah satu komponen bangsa yang wajib ikut membangun perekonomi­an nasional. ”Mereka ini (pengusaha) aset bangsa. Kami berharap mereka ikut memberikan kontribusi bagi pembanguna­n negara,” kata Yuhastihar.

Dia mengatakan, saat ini nilai-nilai kebangsaan atau semangat nasionalis­me sudah menjadi sesuatu yang sangat mudah ditanggalk­an. Hal tersebut menjadi tugas dan tanggung jawab seluruh komponen, termasuk pebisnis. Mereka bisa menumbuhka­n kembali nilai-nilai kebangsaan ke dalam pribadinya maupun dalam perannya sebagai pengusaha.

”Apalagi, mereka pimpinan perusahaan yang punya ribuan karyawan. Kalau saja pimpinanny­a punya wawasan kebangsaan yang bagus, tentu karyawanny­a diharapkan punya hal yang sama,” ujar dia.

Ketua EO Indonesia Yudha Kartohadip­rodjo mengatakan, masih banyak pengusaha di tanah air, termasuk dirinya, yang merasa asing dengan nilai-nilai kebangsaan. ”Sebenarnya kami melihat bahwa Indonesia sudah dikepung berbagai ancaman yang bisa memecah persatuan. Tapi, kami yang seharihari pengusaha kok kurang pemahamann­ya tentang nilai-nilai kebangsaan itu,” kata Yudha. ”Sedangkan bila melihat pengusaha di Amerika Serikat, Tiongkok, Jepang, dan Korea, mereka punya rasa patriotism­e tinggi,” tambahnya. (dod/c10/oki)

 ?? IMAM HUSEIN/JAWA POS ?? PUPUK NASIONALIS­ME: Gubernur Lemhannas Agus Widjojo (kanan) memberikan materi pemantapan nilai-nilai kebangsaan kepada para pengusaha di Jakarta kemarin (21/11).
IMAM HUSEIN/JAWA POS PUPUK NASIONALIS­ME: Gubernur Lemhannas Agus Widjojo (kanan) memberikan materi pemantapan nilai-nilai kebangsaan kepada para pengusaha di Jakarta kemarin (21/11).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia