Jawa Pos

Ingin Naik Kelas

-

SEVILLE – Sevilla identik dengan status raja Europa League. Mereka memenangi kompetisi antarklub level kedua di Eropa tersebut dalam tiga musim terakhir. Total, mereka sudah mengoleksi lima gelar. Tidak ada klub Eropa lainnya yang melebihi catatan tersebut.

Nah, tampaknya musim ini Sevilla ingin naik kelas. Musim ini mereka tidak lagi bernafsu mengejar trofi kelas dua itu. Mereka mengejar yang utama: knock out Liga Champions. Caranya cukup menahan imbang Juventus di Ramon Sanchez Pizjuan dalam matchday kelima grup H dini hari nanti.

Musim lalu dengan status juara Europa League, sejatinya Sevilla sudah mendapatka­n satu kuota fase grup Liga Champions. Terlepas dari apa pun hasil mereka di La Liga. Nyatanya, di fase grup Liga Champions mereka melempem sehingga kalah bersaing dengan Manchester City dan Juventus. Akibatnya, mereka turun ke Europa League.

Kali ini tidak lagi. Bahkan, mereka punya peluang untuk lolos sebagai juara grup. Itu bisa tergapai apabila meng- alahkan Juve dini hari nanti. Saat ini mereka memimpin dengan 10 poin. Juve tepat di bawahnya dengan 8 poin. Apabila menang, dengan tersisa satu laga, Juve tidak mungkin lagi mengejar di matchday keenam.

”Ambisi saya adalah memenangi laga nanti. Tentu kami harus menjadi protagonis dalam pertanding­an itu,” kata pelatih Sevilla Jorge Sampaoli sebagaiman­a dilansir Marca.

Namun, Sampaoli juga menyadari bahwa itu bukan ambisi yang mudah. Juve yang bermain dengan menumpuk gelandang dalam skema 3-5-2 punya reputasi menyulitka­n pertahanan lawan. ”Kami harus lebih waspada. Sistem tersebut membuat mereka (Juve) menjadi tim yang berbahaya karena mereka memiliki kecepatan yang tinggi,” lanjut mantan pelatih timnas Cile itu.

Hingga saat ini, pertahanan Sevilla menjadi satu-satunya yang belum kebobolan di grup H. Absennya Benoit Tremoulina­s dan Michael Krohn-Dehli karena cedera juga tidak terlalu banyak memengaruh­i kekuatan mereka. (okt/c6/ham)

 ?? AP PHOTO/MIGUEL MORENATTI ?? SIAP: Bintang Sevilla Samir Nasri sudah pulih dan berlatih dengan rekanrekan­nya di Sevilla sebelum menjamu Juventus dini hari nanti.
AP PHOTO/MIGUEL MORENATTI SIAP: Bintang Sevilla Samir Nasri sudah pulih dan berlatih dengan rekanrekan­nya di Sevilla sebelum menjamu Juventus dini hari nanti.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia