Jawa Pos

Cascara, Kopi Ramah bagi Penderita Maag

-

SIDOARJO – Penderita mag umumnya menghindar­i kopi. Tapi, ada lho seduhan kopi yang aman bagi lambung. Namanya cascara atau ceri kopi. Cascara dalam bahasa Spanyol berarti kulit.

”Kadang rasanya lemon. Pernah juga rasa yang muncul belimbing,” ujar Aninda Pramita Pertiwi, penggemar seduhan cascara, kemarin.

Cascara dibuat dari kulit buah kopi yang dikeringka­n di bawah sinar matahari. Itulah yang membuat bubuk cascara aman dikonsumsi oleh penderita mag. Meski begitu, rasa yang didapatkan tak jauh beda dengan segarnya biji kopi asli yang diseduh secara single origin atau tanpa tambahan apa pun seperti gula.

Menurut Tiwi, sapaan Aninda Pramita Pertiwi, rasa yang dihasilkan cascara cenderung ”kalem” dan tidak bikin kembung. ”Cuma kayak teh. Nggak berat seperti kopi,” imbuh perempuan 22 tahun itu. Tiwi juga mengaku cukup menikmati beragam rasa buah yang mampir di lidahnya saat menyeruput seduhan cascara.

Spesialis peracik kopi Petrus Taufan Asmara mengatakan, mengonsums­i cascara setiap hari tidak akan membuat mag kambuh. Asal diimbangi dengan konsumsi makan bergizi lain. Pria 42 tahun yang mengantong­i sertifikat espresso specialist dari Universita del Caffe, Italia, itu mengembang­kan perkebunan cascara di daerah Gunung Ringgit.

” Cascara ini fleksibel. Diseduh panas atau dingin dengan teknik cold brew sama-sama enaknya,” ujar Petrus.

Dia menambahka­n, rasa buah yang muncul dari seduhan cascara berasal dari tanaman lain yang ditanam bersama pohon kopi cascara. Rotasi tanaman mengakibat­kan rasa cascara yang diseduh bisa beragam. Karena itu, penikmat cascara selalu dimanjakan dengan sensasi rasa segar buah pada setiap seduhannya. (via/c6/pri)

 ?? CHANDRA SATWIKA/JAWA POS ?? KETAGIHAN ENAKNYA: Adelheid Paoki menyeduh cascara di P’trus Coffee Lab Sidoarjo.
CHANDRA SATWIKA/JAWA POS KETAGIHAN ENAKNYA: Adelheid Paoki menyeduh cascara di P’trus Coffee Lab Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia