Jawa Pos

Komoditas Membaik, Pasar Otomotif Optimistis

-

JAKARTA – PT Toyota Astra Motor ( TAM) menatap tahun depan dengan penuh percaya diri. Penguasa pasar mobil nasional itu mencatatka­n kenaikan penjualan 16,6 persen hingga November tahun ini. Pencapaian Toyota tersebut melebihi pertumbuha­n pasar mobil nasional.

President Director TAM Hiroyuki Fukui menyatakan, pihaknya melewati 2016 dengan baik. ” Good to move, good to profit di saat market masih relatif tumbuh rendah,” ucapnya di sela penganuger­ahan Toyota Eco Youth 2016 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, kemarin (20/12).

Fukui berharap pencapaian Toyota dan pasar mobil nasional secara umum pada tahun ini men- jadi indikator makin membaiknya pasar otomotif nasional dan perekonomi­an Indonesia. ”Kami mampu meraih market share 36,5 persen sampai November. Hingga akhir tahun, kami harap minimal tetap 35 persen,” ujarnya.

Sejak Januari–November, penjualan Toyota di pasar mobil dalam negeri sebanyak 350.729 unit atau naik 16,6 persen daripada 300.778 unit pada periode sama 2015. Pada saat yang sama, penjualan mobil nasional secara total sebanyak 974.780 unit atau naik hampir 4 persen jika dibandingk­an dengan periode sama pada 2015.

”Karena kenaikan penjualan kami lebih tinggi di atas pasar, market share kami (Toyota, Red) naik dari 33 persen ke 36,5 persen itu,” lanjutnya.

Sebagai pemilik 100 persen saham Daihatsu, Toyota akan menyema- ngati anak usahanya tersebut agar lebih meningkatk­an produktivi­tas memproduks­i kendaraan yang lebih berkualita­s dan sesuai harapan pasar.

Selain sebagai upaya memerkuat posisi di pasar mobil Indonesia dan Asia Pasifik, upaya tersebut dilakukan sebagai antisipasi persaingan lebih ketat pada masa mendatang. Yakni, menghadapi upaya memacu pertumbuha­n anorganik pabrikan lain melalui restruktur­isasi dan kolaborasi.

Vice President Director TAM Henry Tanoto melihat dari berbagai indikator yang ada, pasar otomotif tahun depan berpotensi lebih baik. ”Dari pertumbuha­n ekonomi yang direncanak­an pemerintah, dari harga komoditas seperti batu bara dan CPO yang mulai menguat, semestinya bisa lebih baik,” ungkapnya di tempat sama. (gen/c5/noe)

 ?? RAKA DENNY/JAWAPOS ?? INOVATOR: Wakil Presdir TMMIN Warih Andang Tjahjono (dua dari kiri) dan Henry Tanoto (dua dari kanan) dengan pemenang Toyota Eco Youth.
RAKA DENNY/JAWAPOS INOVATOR: Wakil Presdir TMMIN Warih Andang Tjahjono (dua dari kiri) dan Henry Tanoto (dua dari kanan) dengan pemenang Toyota Eco Youth.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia