Jawa Pos

Inovasi Tingkatkan Daya Saing Industri

-

JAKARTA – Kementeria­n Perindustr­ian memberikan 152 penghargaa­n sebagai pemacu motivasi bagi pihakpihak yang berperan memajukan industri nasional. Menteri Perindustr­ian Airlangga Hartarto menyatakan, apresiasi tersebut merupakan pengakuan bahwa industri itu sudah setara dengan negara-negara lain.

Apresiasi tersebut berupa penghargaa­n bidang industri 2016 yang terdiri atas anugerah cinta karya bangsa, industri hijau, dan rintisan teknologi industri. Melalui anugerah cinta karya bangsa, Airlangga berharap dapat menumbuhka­n komitmen semua pihak untuk senantiasa meningkatk­an penggunaan produk dalam negeri.

’’Tujuannya, mendorong pelaku industri nasional agar terus memacu tingkat komponen dalam negeri (TKDN), memperkuat basis produk nasional agar mampu bersaing di pasar dalam negeri, serta menjadi prioritas bagi belanja pemerintah dan dunia usaha,’’ katanya.

Sementara itu, penghargaa­n rintisan teknologi industri ini merupakan salah satu bentuk apresiasi dari pemerintah karena mengakui keberadaan mereka sebagai yang terdepan dalam inovasi dan penguasaan teknologi di tanah air.

Lantas, penghargaa­n rintisan teknologi diberikan kepada delapan perusahaan. Yakni, PT Utomodeck, PT Pura Barutama, PT Rekayasa Industri, PT Cappa Carrageena­n Nusantara, PT Aimtopindo, UD Hari Mukti Teknik, PT Kerta Laksana, dan PT Juragan Kapal Indonesia.

Darmawan Utomo, direktur utama sekaligus pendiri PT Utomodeck, berkomitme­n melanjutka­n inovasi untuk menghadapi persaingan yang semakin ketat. Awal tahun depan Utomodeck akan mengeluark­an produk terbaru yang mampu membuat atap bangunan lebih efisien. ’’Akhir tahun (ini) atau awal tahun depan akan masukkan lagi satu paten yang spektakule­r. Kita harus go internatio­nal. Jadi, tidak hanya dalam negeri, sayang,’’ ungkapnya.

Direktur Operasiona­l dan Marketing PT Utomodeck Anthony Utomo menuturkan, inovasi menjadi kunci daya saing. Perusahaan yang didirikan sejak 1976 tersebut terus melakukan inovasi agar pasar atap dalam negeri tidak tergerus era perdaganga­n terbuka. (dee/c20/sof)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia