Jawa Pos

Hati-Hati Tukang Bajak Beraksi

-

SUDAH jadi kebiasaan bagi Bayern Muenchen, ketika klub pesaing memiliki pemain bintang yang bersinar atau pelatih yang brilian, mereka terpikat. Bukan hanya itu, dengan segala cara, klub berjuluk Die Roten tersebut berupaya membajakny­a dari klub pesaing di Bundesliga Jerman.

Selain memperkuat tim, langkah itu sekaligus mereduksi kekuatan lawan. Lagi pula, sulit menampik daya tarik Bayern. Nah, saat ini, ketika RasenBalls­port (RB) Leipzig naik daun, Bayern mulai melepaskan godaannya. Targetnya adalah sang pelatih Ralph Hasenhuett­l.

Secara terang-terangan, Presiden Bayern Uli Hoeness menyatakan bahwa Hasenhuett­l adalah kandidat arsitek Bayern pada masa mendatang. ’’Kalau kami memiliki opsi memilih pelatih yang sanggup berbahasa Jerman, salah satunya adalah Hasenhuett­l. Namun, dia harus membuktika­n kualitasny­a lebih dulu,’’ tutur Hoeness kepada Kicker.

Hasenhuett­l sendiri bukan nama asing bagi Bayern. Pada pengujung karirnya sebagai pemain (2002– 2004), pria yang dijuluki Klopp dari Alpen tersebut membela Bayern II di kompetisi Regionalli­ga Sued atau kompetisi level keempat Liga Jerman. Saat itu Hasenhuett­l menjadi mentor bagi calon bintang Bayern di era sekarang. Yakni, kapten Philipp Lahm dan Bastian Schweinste­iger.

Kisah bajak-membajak untuk melemahkan lawan itu bukan barang baru buat Bayern. Pada era 1990-an, misalnya. Ottmar Hitzfeld yang sukses memberikan trofi Liga Champions (1996–1997) dan Bundesliga (1994–1995, 1995–1996) bagi Borussia Dortmund adalah contohnya.

Menangani Dortmund periode 1991–1997, Hitzfeld kemudian berpindah ke Bayern pada musim 1998–2004 dan 2007–2008. Hebatnya, di Bayern pria yang dijuluki Der General itu merengkuh Si Kuping Besar pada musim 2000–2001.

Jupp Heynckes dan Felix Magath adalah dua contoh nama pelatih dari tim Borussia M’Gladbach dan Stuttgart yang diambil Bayern karena di tim lamanya mereka memberikan tekanan buat Bayern.

Selain Bayern, klub Premier League Arsenal meminati jasa dan tangan dingin Hasenhuett­l. ”Saya tersanjung dikaitkan dengan Arsenal dan memang benar ada pembicaraa­n dengan mereka. Namun, fokus saya musim ini untuk Leipzig,” terang Hasenhuett­l kepada ESPN. (dra/c17/ham)

 ?? AP PHOTO/JENS MEYER ?? BRILIAN: Ralph Hasenhuett­l.
AP PHOTO/JENS MEYER BRILIAN: Ralph Hasenhuett­l.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia