Jawa Pos

Nanning Undang Surabaya

-

SURABAYA – Kota Nanning mempunyai banyak kemiripan dengan Surabaya. Ibu kota Provinsi Guangxi, Republik Rakyat Tiongkok (RRT), tersebut dijuluki Kota Hijau atau green city. Seperti Surabaya, Nanning sedang getol membangun taman.

Itulah yang diceritaka­n Wakil Wali Kota Nanning Zhang Wei saat berkunjung ke Balai Kota Surabaya kemarin (20/12). Dia ditemui Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana di ruang rapat wali kota. Dalam pertemuan tersebut, Zhang Wei menceritak­an kotanya.

Nanning memiliki populasi 7 juta di luas wilayah 22 juta kilometer persegi. Sebanyak 40 persen wilayahnya merupakan kawasan hijau sehingga menjadi salah satu kota terhijau di Tiongkok. Ternyata, Zhang Wei melihat kondisi serupa saat mendarat di Surabaya. ”Melewati jalanan Kota Surabaya mengingatk­an saya akan Nanning,” ujarnya, lantas tersenyum.

Lokasi Nanning berdekatan dengan Asia Tenggara (ASEAN). Karena bertetangg­a, Nanning mencoba merangkul kota-kota di 10 negara ASEAN. Surabaya dipilih mewakili Indonesia karena dianggap sukses melakukan penghijaua­n.

Surabaya bakal diundang dalam pameran taman internasio­nal pada 2018. Zhang Wei meminta Surabaya menyiapkan desain-desain taman untuk dipamerkan. Tujuannya satu, meningkatk­an pariwisata Nanning dan kota-kota di ASEAN.

Konsul Jenderal RRT di Surabaya Gu Jingqi membenarka­n perkataan Zhang Wei. Dia dua kali mengunjung­i Nanning dan berada di Surabaya selama satu setengah bulan. Dua kota tersebut memiliki taman di seluruh penjuru. ”Sama-sama indah dan cantik,” ungkapnya.

Dia menyatakan, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharin­i bakal tertarik dengan undangan itu. Sebab, selama memimpin hingga periode kedua, Risma sudah membikin banyak taman di Surabaya. Salah satunya, Taman Bungkul yang dinobatkan sebagai Taman Terbaik Asia 2013 versi PBB. (sal/c20/git)

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? BERI CENDERAMAT­A: Dari kiri, Konjen RRT di Surabaya, Gu Jing Qi; Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana; dan Wali Kota Nanning Zhang Wei.
DIPTA WAHYU/JAWA POS BERI CENDERAMAT­A: Dari kiri, Konjen RRT di Surabaya, Gu Jing Qi; Wakil Wali Kota Surabaya Wisnu Sakti Buana; dan Wali Kota Nanning Zhang Wei.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia