Jawa Pos

Kelola Dua Pasar

-

DI antara 10 kategori penghargaa­n Desa Melangkah, Desa Pepe, Kecamatan Sedati, masuk dua nominasi. Yakni, kategori pembanguna­n dan pengelolaa­n aset desa serta administra­si dan pelayanan publik.

Dalam pembanguna­n dan pengelolaa­n aset desa, mereka mengandalk­an pengelolaa­n pasar desa. Pasar di RT 1, RW 1, itu dibuka 24 jam. Pedagang bebas berjualan setiap waktu. ”Kadang ada yang jual sore, pagi. Tapi, sore sepulang kerja itu paling ramai. Sehari bisa dapat Rp 400 ribu lah,” ujar salah seorang pedagang sayur Saiful Anam.

Sejak 2012, pasar yang berdiri di tanah kas desa (TKD) seluas 1 hektare itu beroperasi. Pasar tersebut menjadi jujukan belanja warga desa setempat serta warga desa sekitarnya. Pemerintah desa juga mendirikan bangunan di sisi timur pasar khusus untuk berjualan ternak. ”Tidak setiap hari pasar ternak ada. Biasanya ramai waktu mendekati Idul Adha atau Idul Fitri,” tambah Saiful.

Bergeser ke timur lagi, pemerintah desa juga membangun lapangan futsal di atas TKD. Di sebelah lapangan futsal terdapat Perumahan Griya Candramas yang juga memiliki pasar yang masuk wilayah RW 14 . ”Pasar ini menggunaka­n lahan fasilitas umum perumahan, tapi kami kelola,” ujar Ketua RW 14 Yogi Yudianto.

Sejak Juni 2016, pasar itu resmi dibuka dengan pengelolaa­n lebih rapi daripada sebelumnya. Kebersihan dan parkir juga tertata dengan baik. Ada 54 stan pedagang di sisi utara dan 25 stan di sisi selatan.

Salah satu yang menarik dalam hal administra­si dan pelayanan publik adalah buku rahasia. Buku itu menyimpan data, seperti surat letter C, perdes, arsip APBDes, dan SK Kades, dengan baik. Tidak hanya dalam bentuk fisik yang disimpan, pemerintah desa juga men- scan semua surat penting tersebut sehingga bisa diakses digital. ”Kami komputeris­asi semua sejak awal saya menjabat pada 2011. Bahkan, surat pergantian RT saja kami rekap di sana dengan baik. Termasuk laporan tiap kegiatan yang ada di desa,” jelas Kepala Desa Pepe M. Syaikhul Huda. (uzi/c6/dio)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia