Jawa Pos

Tiga Proyek Cagar Budaya Rampung

-

GRESIK – Tahun anggaran 2016 tinggal hitungan hari. Dinas Pekerjaan Umum (PU) Gresik telah menuntaska­n tiga proyek pemugaran bangunan cagar budaya. Satu bangunan belum tuntas. Yaitu, pemugaran masjid tua di Desa Mriyunan, Sidayu.

Sejauh ini, pemugaran masjid kuno itu baru mencapai 75 persen. ’’ Tinggal memasang atap,’’ jelas Kabid Tata Bangunan Dinas PU Gresik Achmad Wasil Senin (19/12).

Dia menyatakan, proyek tersebut terlambat karena dinas PU menunggu kajian dari tim arkeolog Universita­s Gadjah Mada (UGM). Hal itu diatur dalam Peraturan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Permen PUPR) Nomor 5/2015 tentang Pelestaria­n Bangunan Cagar Budaya. ’’Sebelum pemugaran, harus ada kajian dari arkeolog,’’ kata Wasil.

Menurut dia, dinas PU menerima kajian pada akhir Juli lalu. Arkeolog tidak membolehka­n pekerja menggali fondasi karena rawan merusak struktur bangunan lain. Diketahui, reruntuhan di bawah tanah menyatu dengan struktur bangunan di atasnya. ’’Itu menjadi kendala dalam pemugaran ini. Pekerja harus berhati-hati,’’ ungkapnya.

Masjid kuno di Desa Mriyunan, Sidayu, tersebut diyakini merupakan bagian dari Kadipaten Sidayu pada era 1680. Kini, puing reruntuhan bangunan masjid itu masuk kompleks SMPN 1 dan SMPN 3 Sidayu. Bangunan kuno tersebut masih menyisakan tembok di sisi selatan dan sisi barat. Batu bata tampak berserakan di bawah fondasi bangunan. Kondisinya rawan ambruk.

Nah, untuk mencegah kerusakan lebih parah, dinas PU memugarnya dengan membangun atap pelindung di atas bangunan agar terhindar dari kerusakan dan terpaan sinar matahari. Anggaran perbaikan masjid kuno itu mencapai Rp 850 juta.

Tahun ini ada empat bangunan cagar budaya yang dipugar dinas PU. Total anggaranny­a mencapai Rp 5 miliar. Selain masjid tua bekas Kadipaten Sidayu, ada tiga bangunan lain. Yaitu, kompleks makam Raden Santri di Gresik Kota, makam Sunan Prapen di Desa Giri, Kebomas, dan Kampung Kemasan. ’’Tiga proyek pemugaran sudah selesai,’’ tutur Kasi Renovasi dan Rehabilita­si Dinas PU Sri Wahyuni. (mar/c5/roz)

 ??  ??
 ??  ??
 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? SUDAH TUNTAS: Kompleks makam Raden Santri adalah salah satu proyek pemugaran cagar budaya yang sudah tuntas.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS SUDAH TUNTAS: Kompleks makam Raden Santri adalah salah satu proyek pemugaran cagar budaya yang sudah tuntas.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia