Jawa Pos

Gelar Parade sebelum ke Bandung

-

SURABAYA – Bonek terus mematangka­n persiapan ’’ menyerbu’’ Bandung saat kongres tahunan PSSI digelar (8/1). Sebagai pemanasan menuju Kota Kembang, mereka bakal menggelar aksi long march. Aksi bertajuk Parade Bela Surabaya itu akan berlangsun­g Senin (26/12).

Dalam aksi tersebut, ribuan Bonek akan melakukan long march atau jalan kaki dari Tugu Pahlawan menuju Balai Kota Surabaya. Kesepakata­n terkait parade itu didapat setelah rapat besar Bonek di mes Persebaya Senin malam.

’’Aksi itu, sekali lagi, kami tujukan untuk membuktika­n bahwa kami dan Persebaya masih berjuang untuk sepak bola nasional yang lebih baik,’’ ujar Andy Kristianto­no, juru bicara Arek Bonek 1927, kepada Jawa Pos kemarin (20/12). Peci –sapaan akrabnya– menjelaska­n bahwa Bonek yang hadir nanti harus mewakili tiap-tiap kecamatan. Parade tersebut juga sekaligus menjadi aksi damai Bonek. ’’Jadi, tidak ada nama komunitas Bonek apa pun di sini. Semua mewakili kecamatan masing-masing. Untuk yang dari luar Surabaya, bisa menggunaka­n nama kota asal,’’ sambungnya. Dalam parade itu, Bonek tiap-tiap daerah akan menunjukka­n hasil kreativita­s mereka. ’’Bisa berupa spanduk atau replika logo Persebaya,’’ ujarnya.

Sebetulnya, lanjut Peci, parade tersebut digelar Minggu nanti (25/12). ’’Namun, kami harus menghormat­i mereka yang merayakan Natal. Minggu pekan depannya (1/1) juga tidak bisa karena libur tahun baru. Jadi, 26 Desember adalah waktu yang pas,’’ lanjut Peci.

Peci berharap Ketua Umum PSSI Edy Rahmayadi yang berjanji datang ke Surabaya sebelum pergantian tahun bisa hadir. Sebab, kalau saat parade nanti Edy tak bisa hadir, kecil kemungkina­n dia bisa mampir ke Surabaya. (io/c17/bas)

 ?? WAHYUDIN/JAWA POS ?? DUKUNGAN MASIF: Bonek saat menggelar aksi protes di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, saat kongres PSSI lalu (10/11).
WAHYUDIN/JAWA POS DUKUNGAN MASIF: Bonek saat menggelar aksi protes di Hotel Mercure Ancol, Jakarta, saat kongres PSSI lalu (10/11).
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia