Jawa Pos

Tim Cagar Budaya Segera Terbentuk

-

SURABAYA – Pemkot Surabaya akhirnya segera memiliki tim ahli cagar budaya. Nama-nama anggota tim itu kini mulai digodok dewan. Mereka berlatar belakang akademisi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Wiwiek Widayati menyatakan, pihaknya membentuk formasi tim terbaik sebagai penjaga cagar budaya. Apalagi, sepanjang 2016, dinas yang dipimpin banyak mendapat sorotan. Sebab, banyak bangunan cagar budaya yang tidak terawat. ”Dengan terbentukn­ya tim yang baru, akan kami jadikan momentum untuk perubahan Perda Nomor 5 Tahun 2005 tentang Cagar Budaya,” katanya di ruang rapat Komisi A DPRD Surabaya kemarin (20/12).

Disbudpar menyodorka­n enam nama untuk mengisi formasi tim tersebut. Pucuk pimpinan dijabat Wakil Rektor II Universita­s Tujuh Belas Agustus Surabaya Retno Hastijanti. Para anggota berasal dari berbagai latar belakang. Ada sejarawan, arsitek, arkeolog, maupun insinyur teknik sipil.

Mulai Senin (19/12) hingga ke- marin (20/12), komisi A yang diwakili panitia khusus (pansus) tim ahli cagar budaya menggelar rapat untuk mendengark­an visi dan misi calon penjaga bangunan bersejarah itu.

Anggota Komisi B DPRD Surabaya Baktiono yang juga seorang pemerhati cagar budaya menuturkan, tim ahli tersebut seharusnya dibentuk sejak dua tahun setelah undangunda­ng dibentuk. Yakni, pada 2012. Namun, selama ini pemkot tidak mengindahk­an. ”Saya sudah obrakobrak. Tapi, tidak ada yang ngereken,” katanya.

Baktiono gemas. Terutama terhadap menajemen pengelolaa­n disbudpar tentang cagar budaya. Selama ini tidak ada mekanisme yang jelas dalam penetapan, penghapusa­n, dan peningkata­n status cagar budaya sebuah bangunan. Setelah ditetapkan pun, tidak ada tindak lanjut berupa pengawasan maupun perawatan dari pemkot. Akhirnya, pemilik terjebak. Mereka tidak bisa memugar plus tidak ada bantuan perawatan dari pemkot. (tau/c16/git)

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? WAJIB DIJAGA: Gedung Monumen Pers Perjuangan Surabaya di Jalan Embong Malang merupakan salah satu bangunan cagar budaya.
DITE SURENDRA/JAWA POS WAJIB DIJAGA: Gedung Monumen Pers Perjuangan Surabaya di Jalan Embong Malang merupakan salah satu bangunan cagar budaya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia