Jawa Pos

Warna Beri Arti Tersirat

Tipe-Tipe Rangkaian Bunga

-

SURABAYA – Rangkaian bunga bisa mempercant­ik ruangan di rumah maupun hantaran untuk dikirim pada momen spesial. Misalnya, untuk hadiah ibunda tercinta pada Hari Ibu atau sebagai ucapan Natal. Lindyawati Limbodo, florist, berbagi tip pemilihan komponen dan warna pada hantaran bunga. Merangkai bunga kini tidak f hanya menggunaka­n vas. Dengan cara simpel dan pemilihan bahan yang pas, vas bisa diganti dengan rangka dari potongan ranting pohon, kayu, kawat, atau boks.

Lindy mempraktik­kan teknik penyusunan bunga sesuai komponen dan warna. Kemarin (20/12) dia membuat rangkaian bunga dengan botol cham

pagne sebagai tambahan. Alih-alih vas, dia menggunaka­n keranjang rotan yang didesain sendiri.

Sebelum menyusun bunga, dia terlebih dahulu menyiapkan rangkanya. Yakni, memakai ranting pohon yang disatukan dan membentuk vas atau wadah. ’’Menyatukan ranting bisa menggunaka­n kawat atau lem,’’ jelasnya ketika ditemui di kasawan Graha Famili. Yang sekarang sedang banyak diminati adalah wadah boks yang juga disebut bloom-box flower.

Setelah rangka atau wadah hantaran jadi, barulah dipilih bunga untuk disusun di atasnya. ”Merangkai bunga butuh mood yang baik karena memerlukan insting kuat dari perangkain­ya,” ucapnya. Tidak asal tabrak warna, Lindy mengategor­ikan pemilihan warna pada rangkaian bunga menjadi empat tipe. Yakni, compliment­ary, netral, monokromat­ik, dan analog.

Teknik pemilihan warna itu juga bisa diaplikasi­kan pada komponen atau hiasan pendukung seperti bola-bola, akar-akaran, dan dedaunan. Pemilihan warna biasanya memiliki arti atau pesan yang tersirat. Misalnya, bunga untuk hantaran Natal biasanya didominasi warna merah, oranye, dan emas. Bunga untuk dukacita didominasi warna netral seperti putih dan hijau. ”Meski demikian, pesan dan arti bisa ditafsirka­n berbeda-beda,” ungkapnya.

Untuk menambah nilai dan estetika, hadiah tambahan bisa disematkan. Hadiah tersebut disusun menyatu dengan rangka bunga atau terpisah seperti di dalam kotak khusus yang kemudian diletakkan di atas rangkaian bunga. ”Pemilihan hadiahnya bisa berupa buah-buahan, sayur, parfum,

champagne, perhiasan, dan lain-lain,” ujar lulusan Melbourne Institute of Technology itu.

Menurut perempuan yang pernah meraih predikat harapan I pada 10th Internatio­nal FDSS Cup Floral Designing Competitio­n di Singapura tersebut, memberikan hantaran lebih baik dengan menggunaka­n bunga segar. Selain warnanya cantik, bunga segar akan memberikan aroma khas yang akan menambah kebahagiaa­n si penerima. (esa/c20/jan)

 ?? LINDYAWATI LIMBODO FOR JAWA POS ?? Rangkaian bunga yang menggunaka­n semua komponen yang masuk dalam kategori netral, yakni bunga putih, hitam, dan hijau. Tiga komponen dengan warna tersebut bisa dipadukan maupun disusun dalam satu warna saja.
LINDYAWATI LIMBODO FOR JAWA POS Rangkaian bunga yang menggunaka­n semua komponen yang masuk dalam kategori netral, yakni bunga putih, hitam, dan hijau. Tiga komponen dengan warna tersebut bisa dipadukan maupun disusun dalam satu warna saja.
 ?? LINDYAWATI LIMBODO FOR JAWA POS ?? Menggunaka­n bunga dengan dua warna yang bersebelah­an dan satu warna berseberan­gan (lihat roda warna, Red). Misalnya oranye, kuning, dan ungu.
LINDYAWATI LIMBODO FOR JAWA POS Menggunaka­n bunga dengan dua warna yang bersebelah­an dan satu warna berseberan­gan (lihat roda warna, Red). Misalnya oranye, kuning, dan ungu.
 ?? ASA WISESA/JAWA POS ?? Menggabung­kan warna yang masuk ke dalam roda warna. Misalnya, bunga berwarna merah digabungka­n dengan oranye kemerahan dan oranye. Penggabung­an warna pada teknik ini bisa dilakukan untuk maksimum 5 macam warna.
ASA WISESA/JAWA POS Menggabung­kan warna yang masuk ke dalam roda warna. Misalnya, bunga berwarna merah digabungka­n dengan oranye kemerahan dan oranye. Penggabung­an warna pada teknik ini bisa dilakukan untuk maksimum 5 macam warna.
 ?? LINDYAWATI LIMBODO FOR JAWA POS ?? Menggunaka­n bunga-bunga dengan warna yang memiliki tone senada. Misalnya, bunga berwarna merah, pink, dan burgundy.
LINDYAWATI LIMBODO FOR JAWA POS Menggunaka­n bunga-bunga dengan warna yang memiliki tone senada. Misalnya, bunga berwarna merah, pink, dan burgundy.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia