Jawa Pos

Rilis Aplikasi Pencari Toilet

-

NEW DELHI – Pemerintah India terus berusaha mengedukas­i pendudukny­a agar buang air pada tempatnya. Negara yang dipimpin Perdana Menteri (PM) Narendra Modi itu pun membangun ribuan toilet agar tidak ada lagi penduduk yang buang air besar (BAB) sembaranga­n. Namun, usaha tersebut belum cukup. Kini pemerintah India bekerja sama dengan Google untuk menciptaka­n aplikasi pencarian toilet umum.

”Ketika kalian mencari toilet umum di Google Maps di area layanan tersebut ada, kalian akan melihat daftar toilet umum yang dekat dengan kalian, termasuk di antaranya alamat masingmasi­ng dan jam bukanya,” ujar Manajer Produk Google Maps India Sanket Gupta saat peluncuran aplikasi tersebut di Delhi Kamis (22/12).

Selain di Android dan iOs, aplikasi tersebut juga bisa dibuka di laptop. Pengguna cukup mengetik kata ”toilet” dalam bahasa Inggris maupun India, lalu Google Maps akan langsung menunjukka­n titik-titik toilet umum terdekat. Google Maps juga akan memberikan keterangan toilet tersebut gratis atau berbayar, tingkat kebersihan, serta jenis toilet jongkok atau duduk.

Aplikasi pencarian toilet tersebut untuk sementara hanya bisa diakses di dua kota. Yaitu, Delhi dan Madhya Pradesh. Di Delhi saja, ada 5.100 toilet umum.

Di negara yang terkenal akan film Bollywood-nya tersebut, tembok yang berbau pesing sudah menjadi hal biasa. Juga, di desa-desa, penduduk sudah biasa BAB di ruang terbuka seperti bawah pepohonan, ladang, maupun lapangan.

Penduduk India mencapai 1,2 miliar. Dari jumlah tersebut, lebih dari separonya tidak memiliki toilet di rumah. Di Delhi, lebih dari 5 juta penduduk terbiasa buang air sembaranga­n di area terbuka.

Saat ini sudah ada 504 kota besar dan kecil yang berstatus open defecation free (ODF) alias sudah tidak ada lagi yang buang air sembaranga­n. Sebanyak 739 kota lain berkomitme­n mencapai target sebagai ODF pada Maret mendatang. (Fortune/The Hindu/sha/c11/any)

 ?? FORTUNE ?? INOVASI: Rajan Anandan, vice president and managing director of Southeast Asia and India Google Inc, saat presentasi dalam event Google for India di New Delhi.
FORTUNE INOVASI: Rajan Anandan, vice president and managing director of Southeast Asia and India Google Inc, saat presentasi dalam event Google for India di New Delhi.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia