Jawa Pos

Terinspira­si Teknologi Pilot Pesawat Tempur

-

BAGAIMANA rasanya jika teknologi yang biasa dipakai pilot pesawat tempur digunakan untuk bersepeda sehari-hari? Keunggulan itulah yang ditawarkan kacamata pintar Everysight Raptor AR.

Perusahaan produsen alat pertahanan asal Israel Elbit Systems adalah pembuat kacamata ini. Perusahaan tersebut kini memasuki tahap pengembang­an akhir alat pintar itu.

Jika mengenakan kacamata pintar ini selama gowes, informasi lengkap langsung tersaji di depan mata Anda. Data navigasi serta data-data latihan seperti waktu, jarak, kecepatan, denyut jantung, ritme latihan, dan kekuatan yang digunakan saat bersepeda bisa langsung diketahui dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Bukan hanya itu, ada pula kamera yang terintegra­si untuk merekam video HD. Kacamata ini bisa digunakan untuk membuat panggilan telepon dan mendengark­an musik melalui speaker di frame- nya. All in one!

Meski begitu, cyclist masih dapat tetap berkonsent­rasi dalam perjalanan tanpa melelahkan mata atau menghambat lajunya. Everysight memanfaatk­an hal kecil dari perlengkap­an yang biasa digunakan dalam bersepeda, yakni kacamata. Lalu mengubahny­a menjadi berteknolo­gi tinggi dan menawarkan sensasi berbeda.

Bila dilihat secara langsung, Everysight terlihat seperti kacamata bersepeda pada umumnya. Namun, yang ini dirancang lebih ringan, ramping, dan mudah digunakan. Kacamata ini dapat dikontrol melalui perintah suara, touch pad, atau handlebar controller.

Sensor eksternaln­ya menangkap secara lengkap data-data metrik, dicatat dan disinkroni­sasi pada data yang terhubung dengan aplikasi seluler (tersedia untuk Android dan iOS). Info tersebut dapat di-share melalui media sosial. Everysight saat ini mencari ” test pilot” yang bisa memberikan masukan untuk produk itu. (nes/c9/nur)

 ?? NEWATLAS ?? TEKNOLOGI MAJU: Selama gowes, kacamata ini menyajikan informasi lengkap berupa data navigasi serta data-data latihan seperti waktu, jarak, kecepatan, dan denyut jantung.
NEWATLAS TEKNOLOGI MAJU: Selama gowes, kacamata ini menyajikan informasi lengkap berupa data navigasi serta data-data latihan seperti waktu, jarak, kecepatan, dan denyut jantung.
 ?? NEWATLAS ?? CANGGIH: Kacamata pintar Everysight Raptor AR terinspira­si teknologi kacamata pilot yang dikembangk­an bagi kebutuhan para cyclist.
NEWATLAS CANGGIH: Kacamata pintar Everysight Raptor AR terinspira­si teknologi kacamata pilot yang dikembangk­an bagi kebutuhan para cyclist.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia