Jawa Pos

Bermain Setiap Tiga Hari

-

KONDISI fisik para pemain Barcelona benar-benar dituntut prima ketika memasuki paro musim kedua tahun depan. Penyebabny­a, jadwal klub berjuluk Los Blaugrana tersebut benar-benar padat. AS melansir, Andres Iniesta dkk bakal bermain delapan kali dalam 24 hari terakhir. Artinya, mereka bermain setiap tiga hari sekali.

Malah, dua laga awal tahun Barcelona sangatlah berat. Juara bertahan La Liga dua musim terakhir itu harus melewatiny­a dengan away. Semua dibuka dengan leg pertama babak 16 besar Copa del Rey. Pasukan Luis Enrique tersebut harus menempuh jarak sekitar 600 km atau lima jam perjalanan darat untuk bertandang ke San Mames, markas Athletic Bilbao (6/1).

Kemudian, dari Bilbao, mereka harus segera bertolak ke El Madrigal, kandang Villarreal, untuk menyongson­g jornada ke17 La Liga (9/1) dengan perjalanan udara sejauh 439 km.

Nah, setelah dari Villarreal dan Bilbao, barulah klub asal Catalan itu bisa sedikit mengatur napas. Sebab, dua agenda pertanding­an selanjutny­a digelar di kandang sendiri, Estadio Camp Nou.

Dimulai dari menjamu Bilbao, pada leg kedua Copa del Rey (12/1). Dengan masa recovery hanya 1,5 hari, mereka kemudian bentrok dengan klub peringkat ke-10 La Liga, Las Palmas (15/1).

Pasca menjamu Bilbao dan Las Palmas itu, kolektor lima gelar Liga Champions tersebut belum tentu bisa langsung beristirah­at.

Sebab, meski kompetisi La Liga memasuki jeda paro musim, fisik mereka bakal digeber dengan agenda Copa del Rey jika memastikan lolos ke perempat final. Laga delapan besar tersebut dijadwalka­n pada 18 dan 25 Januari.

Nah, sebelum 25 Januari itulah, Barcelona harus melawat sejauh enam jam perjalanan darat ke Estadio Ipurua, kandang Eibar, pada pekan ke-19 (23/1).

Kemudian, barulah Barcelona bisa mulai beristirah­at. Sebab, jarak antara Eibar dan away selanjutny­a ke Real Betis adalah sepekan (29/1). Apabila skenario semifinal Copa del Rey terwujud pun, leg pertama baru diadakan 1 Februari waktu setempat.

’’Jadwal ini benar-benar di luar dugaan kami,’’ kata Enrique kemarin (24/12) sebagaiman­a dilansir AS. ’’Namun, aku yakin bisa membalikka­n situasinya,’’ lanjut entrenador yang akrab disapa Lucho tersebut. (apu/c19/ham)

 ?? AP ?? Luis Enrique
AP Luis Enrique

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia