Jawa Pos

Raksasa Bertemu Lawan Berat

Real Kontra Sevilla dan Barca Melawan Athletic

-

MADRID – Liburan Natal dan tahun baru tak bisa terlalu lama dinikmati klub-klub elite La Liga Spanyol. Mereka sudah harus bertarung dalam babak 16 besar Copa del Rey mulai Selasa malam waktu setempat atau Rabu dini hari WIB (4/1).

Nah, Real Madrid langsung mendapat lawan yang merepotkan, yakni Sevilla. Laga leg pertama mereka bakal dilangsung­kan di Santiago Bernabeu Kamis dini hari (5/1).

Memang dalam 36 pertemuan di semua ajang, Real unggul atas klub kawasan Andalusia tersebut. Pasukan Zinedine Zidane itu mencatatka­n 22 kemenangan dan hanya 13 kali kalah.

Selain itu, performa Real musim ini sangatlah moncer. Di La Liga, misalnya, Los Merengues –sebutan Real– dengan kukuh memuncaki klasemen sementara. Real tak terkalahka­n dalam 15 jornada dan berselisih tiga poin dari seteru klasiknya, Barcelona (37-34). Juga, Real baru saja menyabet predikat klub terkuat sejagat raya dengan memenangi Piala Dunia Antarklub di Jepang Minggu lalu (18/12).

Namun, yang harus diingat, Sevilla saat ini mengalami metamorfos­is yang sangat dahsyat di bawah kendali entrenador anyarnya, Jorge Sampaoli. Bayangkan, pemilik lima trofi Europa League itu harus kehilangan lima pilar utama. Mereka hengkang ke berbagai klub utama Eropa. Antara lain, Ever Banega (Inter Milan), Grzegorz Krychowiak (Paris SaintGerma­in), dan bomber Kevin Gameiro yang memutuskan untuk menyeberan­g ke Atletico Madrid.

Namun, dengan kegeniusan Sampaoli, ditambah tangan dingin mahaguru transfer Ramon Rodriguez Verdejo alias Monchi, Sevilla sukses mendapatka­n pengganti dengan kualitas yang tidak jauh berbeda. Tidak hanya mendatangk­an Wissam Ben Yedder, Luciano Vietto, dan Ganso, Monchi juga melakukan transfer penting dengan meminjam winger Manchester City Samir Nasri serta kiper PSG Salvatore Sirigu.

Jadilah saat ini Sevilla menempel ketat Real maupun Barcelona di klasemen La Liga dengan total gap hanya empat angka. Kemudian, di Liga Champions, langkah Sevilla juga mantap sebagai pendamping Juventus di grup H.

Kolaborasi Yedder dan Vietto di lini depan, yang sudah menghasilk­an 22 gol, membuat Sevilla hanya merasakan empat kekalahan di seluruh ajang musim ini. Juga, jangan lupa, Sevilla pernah membuat Los Blancos –julukan lain Real– sangat sibuk pada perhelatan Piala Super Eropa musim ini. Real harus bersusah payah menyudahi perlawanan Sevilla dengan skor 3-2 via gol Dani Carvajal pada menit ke-119.

”Jujur saja, mereka (Sevilla, Red) adalah lawan paling buruk yang kami hadapi jika dibandingk­an dengan Barcelona,” keluh Direktur Relasi Internasio­nal Real Emilio Butragueno sebagaiman­a dilansir Marca. ”Sebab, mereka selalu membuat kami harus mengerahka­n kemampuan maksimal,” lanjut legenda Real (periode 1984–1995) itu.

Butragueno menegaskan bahwa Real bakal habis-habisan di Bernabeu pada 5 Januari nanti. ”Itu menjadi modal kami saat leg kedua di Ramon Sanchez Pizjuan. Kami tahu betul sulitnya bermain di sana,” papar direktur 53 tahun tersebut.

Selain Real, nasib kurang baik juga diterima Barcelona di fase 16 besar. Barca –sebutan Barcelona– harus bersua Athletic Bilbao. Hanya, jika dibandingk­an dengan Real, Barcelona bisa sedikit bernapas lega mengingat performa angin-anginan Aritz Aduriz dkk. Athletic Bilbao masih tercecer di peringkat ketujuh sementara. ”Bilbao adalah lawan yang spektakule­r. Aku berharap lebih kepada mereka,” ucap arsitek El Barca Luis Enrique kepada AS. (apu/c11/ham)

 ?? EPA/JAVIER LIZON ?? SULIT: Bintang Real Gareth Bale berduel dengan gelandang Sevilla Vicente Iborra pada 20 Maret lalu. Foto kanan, striker Barca Lionel Messi dikawal bek Athletic Aymeric Laporte di San Mames (28/8).
EPA/JAVIER LIZON SULIT: Bintang Real Gareth Bale berduel dengan gelandang Sevilla Vicente Iborra pada 20 Maret lalu. Foto kanan, striker Barca Lionel Messi dikawal bek Athletic Aymeric Laporte di San Mames (28/8).
 ??  ??
 ??  ??
 ??  ?? S P O R TA I N M E N T
S P O R TA I N M E N T

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia